'Rahasia' Blue Hole di Belize Akhirnya Terungkap

CNN Indonesia | Senin, 21/01/2019 20:36 WIB
'Rahasia' Blue Hole di Belize Akhirnya Terungkap Penampakan Blue Hole di Belize. (Istockphoto/Mlenny)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kawasan Belize terkenal dengan perairannya yang jernih dan tenang. Menyelam dan memandangi gugusan terumbu karang di sana sudah pasti menjadi kegiatan wisata utama turis yang datang.

Tak cuma indah, Belize juga terkenal unik, terutama dengan penampakan Blue Hole di tengah perairannya.


Blue Hole berupa lubang besar yang dibentengi oleh terumbu karang. Fenonema alam ini bisa terlihat jelas dari luar angkasa karena jernihnya perairan di Belize.


Akhir tahun kemarin sejumlah peneliti melakukan ekspedisi menyelami Blue Hole.

Penjelajahan yang juga diikuti oleh bos maskapai penerbangan Virgin, Richard Branson, dan peneliti kelautan, Fabien Cousteau, itu juga disiarkan oleh Discovery Channel.


Branson yang mengunggah perjalanan itu di blog pribadinya mengatakan kalau Blue Hole merupakan gua dengan stalaktit yang terbentuk di atas daratan sebelum akhirnya tenggelam.

"Blue Hole menunjukkan bahwa air laut bisa naik secara drastis. Pemanasan global bisa membuat gua batu yang tadinya berada di daratan menjadi tenggelam di lautan," tulis Branson.

Karena dalamnya Blue Hole maka tidak ada makhluk hidup yang terlihat wara-wiri di dalamnya. Namun Branson mengaku menemukan sampah plastik di sana.

Oleh karena itu ia juga menyarankan agar umat manusia segera membatasi pemakaian plastik.

Blue Hole bukan satu-satunya objek wisata menyelam di Belize. Tak jauh berada di sana ada juga Mesoamerican Reef, yang merupakan gugusan terumbu karang terbesar kedua setelah Great Barrier Reef di Australia.

Situs wisata Lonely Planet juga memasukkan nama Belize ke dalam daftar destinasi wisata yang wajib didatangi pada tahun ini. 


(agr/ard)