Cara Mengetahui Kecocokan Skincare dengan Kulit

CNN Indonesia | Rabu, 23/01/2019 08:13 WIB
Cara Mengetahui Kecocokan Skincare dengan Kulit Ilustrasi (Istockphoto/EdwardDerule)
Jakarta, CNN Indonesia -- Beragam jenis produk perawatan wajah atau skincare tersedia di pasaran. Bermacam bahan, aroma, hingga kegunaan ditawarkan untuk pelanggan. Konsumen tinggal memilih yang sesuai selera dan pas di kantong.

Namun, sayangnya tak ada yang dapat memastikan apakah produk yang dipilih cocok atau tidak dengan kulit Anda. Salah memakai skincare dapat berakibat fatal bagi kulit.

Skincare yang tak cocok dapat mengakibatkan iritasi, gatal, perih, panas, kemerahan, dan kering. Gejala lain tanda tak cocok di antaranya muncul komedo, beruntus, hingga jerawat.


Jika sudah parah, kondisi kulit kerap sulit dikembalikan seperti semula. Oleh karena itu, memilih produk perawatan wajah tak bisa asal-asalan. Untuk mengetahui kecocokannya dengan kulit, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut.

Sebelum diaplikasikan di wajah, ada baiknya jika skincare terlebih dahulu dicoba di bagian belakang telinga atau punggung tangan. Coba metode ini selama tiga hari berturut-turut sebelum tidur untuk melihat reaksinya pada kulit.

"Bisa dicoba di belakang telinga atau punggung tangan dulu. Pakai malam hari tiga hari berturut-turut di telinga lalu paginya cuci muka," kata dokter spesialis kulit dan kelamin Sari Choirunnisa dalam temu media dengan Wardah, Selasa (22/1).

Sari mengatakan, jika kulit terasa panas, perih, dan memerah, artinya skincare tidak cocok di kulit. Sebaliknya, jika tak muncul reaksi, produk yang Anda miliki bisa diaplikasikan ke wajah.

"Bisa diketahui cocok atau tidak dengan cara ini. Kalau tidak cocok, tidak usah dipakai," ujar Sari yang merupakan Direktur Research and Development PT Paragon Technology & Innovation.

Kulit di belakang telinga dan punggung tangan dipilih karena memiliki tekstur yang serupa dengan kulit wajah. Jika terjadi reaksi iritasi pada kulit di belakang telinga, misalnya, iritasi dapat tertutupi dan dapat beraktivitas seperti biasa.

Selain itu, jika memiliki riwayat kulit sensitif, coba untuk memakai skincare satu per satu. Jangan mencoba dalam jumlah banyak.

"Sekarang, kan, lagi musim layering, skincare-nya ditumpuk sampai enam. Jangan coba sekaligus, tapi satu-satu biar ketahuan yang mana yang cocok dan yang mana yang tidak. Belum tentu semua tidak cocok, paling dari enam, satu tidak cocok misalnya," tutur Sari.

Jika tidak cocok, segera hentikan pemakaian skincare dan coba ganti dengan yang lain saat kulit kembali membaik. (ptj/asr)


BACA JUGA