Pendaki Berbikini Tewas di Pegunungan Taiwan

AFP, CNN Indonesia | Selasa, 22/01/2019 19:23 WIB
Pendaki Berbikini Tewas di Pegunungan Taiwan Ilustrasi pegunungan di Taiwan. (Istockphoto/VII-photo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim penyelamat Taiwan pada Selasa (22/1) berusaha untuk menyelamatkan mayat pendaki wanita yang dikenal sebagai selebriti media sosial karena sering mengunggah foto dirinya yang mendaki sambil berbikini.

Gigi Wu, yang dijuluki Pendaki Bikini oleh penggemarnya, menggunakan telepon satelit pada hari Sabtu (19/1) untuk memberi tahu teman-temannya bahwa ia telah jatuh ke jurang di Taman Nasional Yushan Taiwan.

Helikopter penyelamat berjuang untuk mencapai lokasi jatuhnya Wu, namun karena cuaca buruk penyelamatan kembali dilakukan pada Senin (21/1). Di hari yang sama ia ditemukan sudah tidak bernyawa.


"Kondisi cuaca di pegunungan sedang tidak baik, kami telah meminta tim penyelamat untuk memindahkan korban ke ruang yang terbuka dan setelah cuaca cerah kami akan membawanya turun," kata Lin Cheng-yi, dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Nantou.

Para pejabat mengatakan, dalam panggilan telepon satelitnya Wu memberi tahu teman-temannya bahwa ia tidak dapat menggerakkan bagian bawah tubuhnya setelah jatuh sekitar 20-30 meter tetapi mampu memberikan koordinatnya.

Kasus kematian Wu menambah daftar panjang selebriti media sosial yang meninggal dalam petualangannya.

Pekan lalu, jasad pasangan India ditemukan di bagian sebuah jurang Taman Nasional Yosemite California, setelah sejumlah pendaki melapor kepada petugas bahwa ada peralatan kamera tak bertuan di puncak tebing.

Wu (36) warga asli Kota Taipei, memiliki banyak penggemar di akun media sosialnya yang kerap memajang fotonya sedang mendaki dengan hanya mengenakan bikini.

Ia biasanya mengenakan baju pendakian lengkap dan baru menggantinya dengan bikini setelah sampai di atas tebing.

Dalam sebuah wawancara dengan saluran lokal FTV pada tahun lalu, ia mengatakan telah mendaki lebih dari 100 puncak dalam empat tahun.

"Saya mengenakan bikini di masing-masing dari 100 gunung. Saya hanya memiliki sekitar 97 bikini jadi ada beberapa bikini yang saya pakai berulang kali," kata Wu.

Ketika ditanya mengapa ia melakukannya, Wu menjawab: "Itu terlihat sangat indah, mengapa saya tidak melakukannya?"

Pegunungan di Taiwan mencapai ketinggian hingga 3.000 meter. Di musim dingin, suhu di puncak gunung akan turun secara drastis. Diduga kematian Wu akibat hipotermia.

Lin mengatakan bahwa tim penyelamat mendaki selama 28 jam untuk mencapai lokasi Wu. Mereka bahkan hanya tidur selama tiga jam karena mereka tahu suhu turun dengan sangat cepat.

(ard)


BACA JUGA