Mengulik Tata Cara Keramas yang Benar

CNN Indonesia | Kamis, 24/01/2019 17:06 WIB
Mengulik Tata Cara Keramas yang Benar Ilustrasi keramas (Istockphoto/Ivanko_Brnjakovic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagian besar dari kita diajarkan untuk berkeramas agar rambut senantiasa bersih dan berkilau. Tanpa keramas, rambut akan menyebalkan.

Menggunakan teknik yang benar bisa membuat rambut lebih sehat, berkilau, dan mudah diatur. Sembarang berkeramas bisa merusak keindahan alami rambut.

Mengutip Stylecaster, dua penata rambut ternama, Nunzio Saviano dan Kyle White berbagi beberapa kiat untuk mencuci rambut dengan baik dan benar.


1. Basahi rambut dengan air hangat
Selayaknya pakaian yang hendak dicuci, rambut pun harus dalam keadaan basah saat diberikan sampo. White menyarankan Anda untuk membasahi rambut dengan air hangat.

Air hangat akan membantu membuka kutikula dan menghilangkan kotoran serta residu produk rambut yang masih menempel. Hal ini juga membuat kutikula mempersiapkan diri menyerap minyak dari kondisioner.

2. Memakai kondisioner terlebih dahulu untuk pemilik rambut panjang
Jika rambut Anda panjang, lindungi ujung-ujung rambut dengan mengaplikasikan kondisioner terlebih dahulu sebelum menggunakan sampo. Hal ini bisa membuat rambut terhindar dari kekeringan dan kerusakan.

Selain itu, kondisioner juga bisa mengisi lubang di kutikula dengan pelembap sehingga membuat rambut menjadi lebih halus dan berkilau.

3. Keramas hanya di kulit kepala
Saviano menganjurkan Anda untuk hanya mencuci bagian kulit kepala, terutama bagian tengkuk. Cara terbaik berkeramas adalah memulainya dari akar menuju ujung.

"Rambut yang paling dekat dengan kulit kepala adalah yang termuda dan paling berminyak. Sedangkan ujung rambut adalah yang tertua dan paling kering dan rapuh," jelas Saviano.

Gunakan sampo secukupnya, sekitar seperempat telapak tangan. Jika rambut Anda tebal dan panjang, Anda bisa menggandakannya.

4. Pijat dengan lembut
Gesekan bisa merusak kutikula secara permanen dan membuat rambut kusut. Jadi, pijatlah rambut dengan lembut dan sangat hati-hati.

Cuci dari bagian akar rambut, lalu pijat dengan gerakan vertikal berkekuatan sedang untuk melancarkan peredaran darah di kulit kepala sekaligus merangsang pertumbuhan rambut.

Anda disarankan untuk tidak melakukan gerakan memutar. Pasalnya, gerakan itu hanya akan membuat rambut kusut.

5. Tambah kondisioner ke bagian tengah hingga ujung rambut
Kondisioner yang telah diaplikasikan pada rambut sebisa mungkin tak langsung dibilas. Jepit rambut dan tunggu beberapa saat.

Setelah beberapa menit, bilas rambut dengan air. Semakin lama kondisioner menempel pada rambut, semakin baik penyerapannya.

Saviano juga mengingatkan agar Anda tidak mengaplikasikan kondisioner di akar rambut. Sebab, minyak alami dari kulit kepala lebih terkonsentrasi di sana. (ims/asr)