Laporan Paris Couture Week

Kehangatan Vila Mediterania Chanel di Tengah Salju Paris

Fandi Stuerz, CNN Indonesia | Rabu, 23/01/2019 19:41 WIB
Kehangatan Vila Mediterania Chanel di Tengah Salju Paris Koleksi Chanel (REUTERS/Benoit Tessier)
Jakarta, CNN Indonesia -- Karier Karl Lagerfeld di Chanel sangatlah panjang. Dengan usia 85 tahun, Karl menjadi couturier yang paling senior saat ini.

Hari ini, ketika Presiden Prancis Emanuelle Macron dan Kanselir Jerman Angela Merkel menandatangani Perjanjian Persahabatan (Friendship Treaty) Prancis-Jerman, Karl Lagerfeld menjadi satu- satunya orang Jerman yang menduduki rumah mode Prancis paling prestisius, dan di setiap musim, ia seperti tidak kehabisan ide.

Berangkat dari romantisme tepi sungai seine, pantai, sampai ke halaman vila Chanel di Paris, Lagerfeld masih segar dengan sentuhan sihirnya.



Pagi ini Karl Lagerfeld menghangatkan kota Paris yang sedang diguyur salju lebat dengan membangun sebuah pedesaan Mediterania yang hangat, lengkap dengan kolam dan pohon-pohon palem serta kelembutan matahari terbenam untuk peragaan busana Chanel haute couture musim panas 2019.

Terkenal dengan set-set yang megah, Chanel memang tidak pernah setengah- setengah dalam mempresentasikan koleksi teranyar mereka.

Chanel adalah satu dari sedikit rumah mode couture yang memegang nilai-nilai tradisional maison de couture, yakni dengan dua atelier utama yang terpisah, yakni flou (untuk gaun) dan tailleur (untuk setelan), dengan masing-masing memiliki premier d'atelier atau pemimpin studio. Hasilnya, gaun-gaun tereksekusi sangat baik, dan setiap setelan memiliki presisi yang tepat.


Setelan berbahan tweed dengan boatneck dan bahu lengkung, gaun berpayet dan berhiaskan bulu burung unta, serta gaun cocktail yang dilukis tangan dan bertabur kristal.

Siluet-siluetnya mengandalkan lipatan-lipatan di tempat yang tidak biasa, seperti tiga buah gaun berwarna palace pearl, mint, dan baby pink dengan lipatan di bagian neckline dan bawahan yang diciptakan dengan lipatan seluruh bagian bawah bodice dan membentuk menyerupai balon. Ada pula sederet gaun berwarna hitam, termasuk sebuah gaun flamenco dengan ruffle berwarna pink yang mencuat.

Koleksi ChanelFoto: REUTERS/Benoit Tessier
Koleksi Chanel

Sebuah gaun berwarna pink yang dikenakan oleh model Kaia Gerber (anak dari model ternama Cindy Crawford) dikerjakan paling tidak oleh tiga atelier terpisah: atelier flou untuk badan gaun, atelier Lesage untuk payet, dan atelier Lemarié untuk pengerjaan bulu.

Sebagai pamungkasnya, gaun pengantin couture monokini bertabur sulaman silver metalik, lengkap dengan topi bertudung panjang. Detail cut outnya menambahkan aksen seksi di busananya.

Karl Lagerfeld, yang biasanya menyambut hormat para tamu undangan setelah show, tidak tampak. Alih-alih kemunculan Lagerfeld, Virginie Viard, direktur studio Chanel, (chs)