Obesitas Jadi 'Pintu Masuk' Penyakit Kronis pada Tubuh

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 26/01/2019 13:42 WIB
Obesitas Jadi 'Pintu Masuk' Penyakit Kronis pada Tubuh Ilustrasi (Istockphoto/Thekopmylife)
Jakarta, CNN Indonesia -- Statusnya yang tak masuk kategori penyakit membuat obesitas kerap dianggap remeh dan tak berbahaya. Padahal, kondisi berat badan berlebih ini menjadi ancaman baru bagi masyarakat di zaman kiwari.

Obesitas boleh jadi bukan penyakit, tapi ia merupakan 'pintu masuk' bagi beragam penyakit kronis dan mematikan. Kondisi obesitas membuat seseorang lebih mudah terserang penyakit kronis seperti diabetes, stroke, jantung, ginjal hingga kanker. Artinya, orang dengan obesitas lebih berisiko terkena penyakit kronis dibanding mereka yang bertubuh ideal.

Ahli gizi Profesor Hardinsyah menjelaskan, obesitas membuat metabolisme seseorang tidak berjalan dengan baik. Penumpukan lemak berlebih di seluruh bagian tubuh itu menghambat proses metabolisme dan peredaran darah. Alhasil, situasi ini memicu beragam keadaan seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, atau kadar gula darah yang juga tinggi.


"Obesitas bila dibiarkan dapat menyebabkan hipertensi, hiperkolesterol, hiperglikemia," kata Hardinsyah kepada CNNIndonesia.com saat ditemui usai temu media yang digelar Frisian Flag dalam memperingati Hari Gizi Nasional di Jakarta, Rabu (23/1). Hari Gizi Nasional diperingati pada tanggal 25 Januari setiap tahunnya.

Kondisi tekanan darah, kolesterol, dan gula darah yang tinggi itu dapat merusak beragam organ tubuh. Kondisi ini membuat organ tubuh bekerja ekstra sesuai dengan berat badannya. Pada setiap orang, efeknya bakal berbeda.

Secara umum, organ macam jantung, ginjal, dan organ dalam sistem peredaran darah lainnya merupakan yang paling rawan terserang. Akibatnya, penyakit diabetes melitus, gagal ginjal, stroke, dan jantung koroner kerap menimpa para obesitas.

"Maka bisa stroke, jantung koroner dan bisa berbagai penyakit termasuk, risiko kanker," ujar Hardinsyah yang juga merupakan Ketua Umum Pergizi Pangan ini.

Beragam penelitian juga menunjukkan bahwa obesitas menyebabkan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan. Studi menemukan, orang dengan obesitas berisiko 83 persen lebih tinggi menderita penyakit ginjal kronis dibandingkan orang dengan berat badan normal.

Studi lain dari Cancer Research UK mengungkapkan, obesitas menjadi penyebab utama penyakit kanker pada wanita. Ada pula studi yang dipublikasikan di jurnal Neurologi menunjukkan lemak di perut atau obesitas juga mengganggu fungsi otak. (ptj/asr)