Jalur Sepeda Baru di Eropa Hubungkan Delapan Negara

agr, CNN Indonesia | Jumat, 25/01/2019 10:59 WIB
Jalur Sepeda Baru di Eropa Hubungkan Delapan Negara Ilustrasi. (Foto: Tauseef MUSTAFA / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah kabar baik datang dari Eropa untuk para maniak sepeda, khususnya yang gemar melintasi rute alam. Benua biru ini akan segera membuka sebuah rute sepanjang 2.000 kilometer yang melintasi delapan negara.

Rute yang diberi nama Trans Dinarica ini akan melintasi negara-negara di kawasan Balkan Barat seperti Slovenia, Kroasia, Bosnia Herzegovina, Montenegro, Albania, Kosovo, Serbia, dan Republik Makedonia Utara.

Pembentukan rute yang terinspirasi dari jalur pendakian Via Dinarizaini juga akan melewati pegunungan Alpen dan Gunung Shar. Jalur yang dilalui pun akan didominasi jalanan tak beraspal, bahkan cenderung rusak.


Tentu 'penawaran' tersebut akan sangat menantang bagi para pecinta jalanan tidak mulus.

Mengutip lonely planet, jika mampu mengayuh dalam kecepatan 60 kilometer per jam, maka setiap negara mampu diselesaikan dalam waktu tujuh sampai 10 hari.

Selain pemandangan alam khas kawasan Balkan Barat, yang didominasi oleh hamparan pepohonan dan lautan, para pesepeda juga akan 'dihadiahi' situs warisan dunia UNESCO dan kawasan taman nasional.

Ide jalur Trans Dinarica datang dari beberapa pecinta alam berada di Slovenia, Kroasia, dan Bosnia Herzegovina. Mereka memiliki wacana untuk mengembangkan idenya dengan basis teknologi.

Para pesepeda tak perlu khawatir tersasar, karena sepanjang jalur ini terpantau dalam GPS.

Trans Dinarica adalah rute wisata minat khusus, untuk itu persiapan fisik dan keterampilan dalam bersepeda adalah syarat mutlak sebelum menempuh jalur ini. (agr/ard)