JEJAK PETUALANG WEEKEND

VIDEO: Rio Dewanto Terpesona Alam Sumba Barat

Trans 7, CNN Indonesia | Minggu, 27/01/2019 15:57 WIB
Jakarta, CNN Indonesia -- Sumba Barat tak kalah cantik dengan Sumba Timur. Di sini ada Taman Nasional Matalawa yang bisa dikunjungi turis. Rappeling alias menuruni tebing dengan tali jadi kegiatan wisata yang bisa dicoba. Kali ini medannya Air Terjun Lapopu setinggi 92 meter.

Tak cuma rappeling, ada juga water tubing alias menyusuri aliran sungai dengan ban yang jadi kegiatan wisata menantang adrenaline. Jangan lupa mampir ke Kampung Adat Praijing. Di sini turis bisa berkunjung ke rumah adatnya yang bernama Uma Bokulu.

Kampung Adat Praijing menggelar tradisi pasola setiap bulan Maret. Tradisi ini berupa adu lempar lembing antar dua kubu menggunakan kuda.  Pasola dimulai saat terjadi perebutan wanita antar pria dari dua suku. Yang menang bisa meminang wanita tersebut.

Dulu alat yang digunakan tajam karena untuk membela diri, tapi saat ini alat yang digunakan tumpul dan aman demi menghindari luka. Mengendalikan kuda dan melempar dengan jitu menjadi tantangan dalam pasola.

Selain Pasola ada juga tradisi tinju yang dihalangi seutas tali bernama Pajura.  Pesertanya tak boleh memukul selain dengan tangan dan melewati batas tali.

Saksikan episode lengkap 'Jejak Petualang Weekend' hanya di Trans 7 setiap hari Minggu pukul 10.00 WIB.