Inspirasi Menu Makanan Cepat Saji Rendah Karbohidrat

CNN Indonesia | Kamis, 31/01/2019 09:03 WIB
Inspirasi Menu Makanan Cepat Saji Rendah Karbohidrat Ilustrasi (Kaboompics)
Jakarta, CNN Indonesia -- Waktu semakin sempit di zaman kiwari. Akibat minimnya waktu luang, tak ayal makanan cepat saji yang tinggi akan kandungan karbohidrat kerap jadi jalan pintas. Padahal, makanan tinggi karbohidrat tak baik untuk kesehatan.

Alih-alih membuat tubuh bergizi, makanan cepat saji justru bakal bikin berat badan kian bertambah dan tubuh menjadi tak sehat.

Tapi Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa sajian rendah karbohidrat yang tak membutuhkan waktu lama untuk memasaknya. Tak lebih dari 60 menit. Beberapa bahkan hanya memerlukan waktu 10 menit.


Mengutip Healthline, berikut tujuh makanan cepat saji rendah karbohidrat.

1. Telur dan sayuran digoreng digoreng dengan minyak kelapa
Menu ini baik dimasak ketika sarapan. Anda bisa menyiapkan minyak kelapa, sayuran segar atau beku (wortel, kembang kol, brokoli, kacang hijau), telur, bumbu penyedap, dan bayam (opsional).

Pertama, tuang minyak kelapa ke wajan dan nyalakan api. Tambahkan sayuran dan panaskan beberapa menit. Masukkan 3-4 telur ke dalam wajan dan campurkan garam juga merica sambil diorak arik. Tambahkan bayam (opsional) dan tumis sampai matang.

2. Daging asap dengan telur ceplok
Meski daging asap tak sepenuhnya sehat, namun makanan satu ini memiliki kadar karbohidrat rendah. Anda hanya perlu memastikan untuk tidak memasukkan menu ini lebih dari dua kali dalam sepekan.

Untuk menu ini, Anda hanya perlu menyiapkan daging asap, telur, dan bumbu penyedap rasa.

Pertama, masukkan daging asap ke dalam wajan dan goreng hingga matang. Taruh daging asap di atas piring dan goreng 3-4 telur dengan lemak yang tersisa di wajan. Untuk menambah rasa pada telur, masukkan garam, bawang putih, dan bawang bombay bubuk ke atasnya ketika digoreng.


3. Burger keju tanpa roti

Menu ini paling mudah dibuat daripada yang lainnya. Menu ini hanya terdiri dari burger dengan dua jenis keju berbeda dan bayam mentah. Namun, tak seperti yang lainnya, burger yang satu ini tak disajikan dengan roti.

Siapkan mentega, daging, keju cheddar, keju krim, saus, bumbu penyedap rasa, dan bayam.

Pertama, oles mentega ke dalam wajan lalu panaskan. Goreng daging bolak-balik hingga matang dan tambahkan garam serta merica. Tambahkan irisan keju cheddar dan keju krim di atasnya.

Kecilkan api lalu tutup panci hingga keju mencair. Sajikan dengan bayam mentah. Anda juga bisa menuangkan minyak bekas menggoreng burger tadi ke sayuran Anda untuk menambah rasa. Dan, jangan lupa tambahkan saus.

4. Potongan dada ayam goreng
Jangan khawatir dada ayam Anda jadi terlalu kering tanpa rasa. Menambahkan mentega bisa mengatasi hal tersebut.

Siapkan dada ayam, mentega, garam, merica, kari, bawang putih, dan sayuran hijau.

Potong dada ayam kecil-kecil. Oles mentega ke dalam wajan dan nyalakan api. Masukkan potongan ayam beserta garam, lada, kari, dan bawang putih. Goreng ayam hingga garing dan kecokelatan dan sajikan dengan sayuran hijau.

5. Meatza (piza dengan isian dominan daging)
Siapa bilang Anda haram mengonsumsi daging saat diet? Menu piza satu ini mungkin terasa lebih enak tanpa bahan-bahan tidak sehat yang menyertainya.

Siapkan bahan seperti bawang, daging asap, daging giling, saus, bumbu penyedap rasa, bawang putih, dan keju parut.

Cincang halus bawang dan iris daging asap menjadi kecil dan tipis. Campur daging giling, saus, bawang, bumbu penyedap rasa, dan bubuk bawang putih di bagian bawah loyang.

Jangan lupa taburkan keju parut hingga menutupi semua bagian daging. Tutup lapisan atas dengan lembar daging asap tambahan. Taruh dalam oven dengan suhu 180-200 derajat Celcius selama 30-40 menit hingga daging dan keju menyatu. (fau/asr)