Tips Sehat saat Dinas Luar Kota

CNN Indonesia | Jumat, 15/03/2019 09:00 WIB
Tips Sehat saat Dinas Luar Kota Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tuntutan pekerjaan kadang membuat orang harus berkunjung ke kota lain. Terdengar menyenangkan tetapi penerbangan panjang, kurang tidur dan tekanan pekerjaan bisa terjadi saat dinas.

Agak sulit jika harus menerapkan gaya hidup sehat jika tidur kurang dan belum lagi cuaca yang jauh berbeda dengan kota asal.

Demi dinas luar kota yang menyenangkan dan tetap sehat, maka ada beberapa trik yang perlu dicoba:


1. Perbanyak jalan kaki

Jika lokasi pertemuan dengan klien tak begitu jauh, lebih baik jalan kaki. Sejenak lupakan taksi atau ojek online apalagi kota yang dikunjungi memiliki trotoar yang mendukung. Tengok saja Yogyakarta atau Bandung.

Yang sedang dinas di Jakarta pun ada beberapa titik lokasi yang memungkinkan orang berjalan kaki tanpa perlu terganggu penjual makanan atau pengguna kendaraan.

2. Olahraga di hotel

Sebagian hotel menyediakan area gym. Namun jika hotel tempat Anda menginap tidak menyediakan fasilitas ini, tak perlu khawatir. Manfaatkan saja kamar.

Apapun gerakannya, poin pentingnya ialah tubuh diajak bergerak.

Mulai dari yang sederhana seperti sit up, push up, squat, atau plank bisa membantu metabolisme dan menghimpun energi.

3. Konsumsi yogurt

Bukan hal yang aneh jika dinas luar kota membuat pencernaan kadang terganggu. Adaptasi terhadap menu-menu lokal memang perlu waktu. Di sini, konsumsi yogurt bisa membantu mengatasi masalah pencernaan.

Yogurt, khususnya Greek Yoghurt kaya akan nutrisi terutama kalsium plus probiotik. Sistem imun terjaga dan masalah pencernaan pun dapat dihindari.

4. Jaga tubuh tetap terhidrasi

Ada kamungkinan kelembapan udara di kota lokasi dinas cukup berbeda dengan kota asal. Kelembapan yang lebih rendah dari yang biasanya bisa membuat tubuh rentan dehidrasi dan sakit kepala.

Hindari konsumsi alkohol dan kafein saat penerbangan. Tetap konsumsi air putih agar tubuh terhidrasi. Minum sebelum makan juga bakal menghindari makan berlebih.

5. Eksplorasi budaya

Selain istirahat, gunakan waktu luang untuk mengeksplorasi objek dan atraksi wisata di kota yang sedang dikunjungi.

Museum merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa didatangi tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga.

Melihat benda-benda seni bersejarah akan menurunkan tensi setelah berkutat dengan pekerjaan, sehingga dinas luar kota pun bisa terasa menyenangkan.

(els/ard)