Deretan Tempat Wisata yang 'Dirusak' Instagram

CNN Indonesia | Selasa, 29/01/2019 16:21 WIB
Deretan Tempat Wisata yang 'Dirusak' Instagram Ilustrasi. (Foto: Istockphoto/klikk)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagai makhluk sosial, manusia memang dikenal kenal gemar berbagai. Kegiatan ini akhirnya makin mendapatkan tempat setelah unsur teknologi masuk dalam berbagai sendi kehidupan, salah satu medium yang kerap digunakan manusia untuk berbagi adalah instagram.

Mengutip fodors, salah satu tagar yang paling populer di Instagram adalah #Travel yang sudah melebihi angka 256 juta foto.

Namun sayangnya hal ini juga membawa dampak negatif terhadap industri pariwisata. Berikut adalah beberapa tempat yang 'dirusak' oleh Instagram, secara tidak langsung.


Islandia

Negara yang dianugerahi pantai berpasir hitam dan banyak air terjun ini menjadi lokasi utama gerakan narsis bertajuk #doitforthegram. Hal inilah yang menyebabkan keindahan alami di Islandia memudar.

Padatnya pengunjung menjadi mimpi buruk bagi destinasi wisata di Islandia. Bahkan tidak jarang wisatawan yang berteriak ke wisatawan lain agar tidak 'mengganggu' fotonya.

[Gambas:Instagram]

Machu Picchu

Kompleks peradaban bangsa Inca di dataran tinggi Peru ini, memang sudah lama menjadi tujuan wisatawan sejak awal abad 20. Perpaduan pemandangan yang menakjubkan dan aura spiritual yang kental, membuat Machu Picchu berubah sebagai magnet wisatawan.

Setelah digempur wisatawan, pemerintah Peru pun membuat peraturan baru tentang terkait batasan untuk wisatawan. Hal ini diterapkan agar Machu Picchu bisa berusia lebih lama sebelum 'dihancurkan' oleh wisatawan.

Deretan Tempat yang 'Dirusak' Instagram Machu Picchu (Foto: Wikimedia Commons/Svartaregndroppar)

Pedra do Telegrafo

Salah satu tempat eksotis yang berada di Rio de Janeiro, Brazil, ini dikenal karena formasi bebatuannya yang unik dan pastinya instagramable. Hal ini menyebabkan jutaan orang berbondong-bondong ke tempat ini hanya untuk berfoto.

Sayangnya tidak semuanya acuh terhadap prosedur keselamatan. Bahkan tak sedikit wisatawan iseng yang merusak tempat ini dengan membuang sampah sembarangan dan mencoret-coret bebatuan itu.

[Gambas:Instagram]

Cliffs of Moher

Rangkaian tebing mengagumkan yang terletak di Irlandia ini, adalah salah satu rujukan bagi wisatawan untuk mengabadikan keindahan alam di kawasan Britania Raya.

Namun ancaman di tempat ini datang dari banyaknya orang yang melakukan gerakan yoga, tanpa mengutamakan keselamatan dirinya.

[Gambas:Instagram]

Santorini

Santorini adalah sebuah kota tua di Yunani yang menjadi salah satu destinasi wisata paling instagramable di dunia. Kota ini menjadi istimewa karena memadukan lanskap alam yang memukau, dengan peradaban kuno.

Sayangnya warga mulai terganggu dengan kedatangan wisatawan yang kurang beretika, khususnya saat mengambil gambar untuk dipamerkan di instagram.

[Gambas:Instagram] (agr)