Tips Nyaman Wisata Imlek di China

CNN Indonesia | Rabu, 30/01/2019 17:52 WIB
Tips Nyaman Wisata Imlek di China Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tahun baru China atau Imlek adalah momen yang paling ditunggu. Bukan cuma oleh kaum Tionghoa, namun juga warga dunia, karena ada banyak festival dan pesta belanja yang digelar. 

Berwisata ke China untuk merasakan gegap gempita Imlek adalah ide yang menarik untuk diwujudkan.

Tahun ini China diprediksi akan memfasilitasi 3 miliar penduduknya yang mudik. Meski Pemerintah China sudah menyiapkan rencana untuk mengantisipasi penumpukan, tapi bayang-bayang kepadatan tetap saja menghantui benak para calon wisatawan.


Mengutip TripSavvy, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan saat menikmati China di saat Imlek:

Atur jadwal berwisata jauh sebelum Imlek


Menyiapkan rencana perjalanan jauh hari sebelum Imlek adalah keharusan jika ingin mengunjungi China saat Imlek. Jangan harap bisa mendapat akomodasi dengan harga murah jika memesan seminggu sebelumnya.

Tak jarang tiket penerbangan dan hotel juga sudah ludes di minggu tersebut.

Cari tempat yang tetap buka saat Imlek


Jika memiliki ketakutan penutupan objek wisata di China saat Imlek, ada baiknya wisatawan tetap berada di hotel atau taman-taman umum. Tak perlu khawatir kelaparan, karena beberapa restoran di China akan tetap buka seperti biasa.

Namun jangan pernah mengunjungi instansi pendidikan, seperti sekolah dan kampus, karena tidak akan ada kegiatan apa pun selama hampir tiga pekan.

Bepergian untuk urusan bisnis juga akan sedikit terganggu, karena kantor akan meliburkan pegawainya selama sepekan. Sedangkan pabrik-pabrik akan tidak beroperasi selama dua pekan.

Siapkan uang lebih

Menjelajahi China saat Imlek artinya adalah liburan saat high session, karena harga-harga akan melonjak jauh.

Memilih kota terpencil di China adalah pilihan yang bijak jika ingin menghabiskan waktu di China saat Imlek, karena harga-harga di sana akan lebih manusiawi ketimbang kota-kota besar.

Menikmati pesta kembang api

Saat Imlek kembang api adalah hal yang wajib disuguhkan oleh setiap orang, itu sebabnya kenapa kembang api akan berhamburan saat perayaan berlangsung. Semarak ini bisa dirasakan mulai dari kota besar hingga desa terpencil sekalipun.

(agr/ard)