Hal-hal Tersembunyi Terkait Imlek di China

CNN Indonesia | Rabu, 06/02/2019 12:47 WIB
Hal-hal Tersembunyi Terkait Imlek di China Ilustrasi. (Foto: REUTERS/Stringer)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tahun baru Imlek selalu dirayakan dengan penuh kemeriahan oleh warga negara keturunan China di seluruh dunia. Petasan, angpao, barongsay, hingga dupa berukuran raksasa adalah hal umum yang harus ada saat imlek. 

Namun tidak semua orang tahu ada beberapa hal 'tersembunyi' terkait Imlek. Mengutip CNN Travel, berikut adalah beberapa di antaranya.

Tidak hanya sehari


Berbeda dengan tahun baru pada umumnya, Imlek tidak hanya berlangsung satu hari saja melainkan 15 hari. Tak heran jika banyak paket wisata yang berseliweran di momen imlek.

Kembang api untuk mengusir monster jahat

Legenda tentang Nian, monster jahat yang berwujud separuh singa, akan turun di saat Imlek dan menyerang orang. Itu sebabnya suara dentuman petasan diperlukan untuk melumpuhkannya karena telinganya sensitif.

Bisa menyewa pacar

Tahun baru imlek adalah momen yang menyeramkan untuk kaum yang tidak memiliki pasangan. Namun mimpi buruk itu tidak lagi mendapatkan tempat di hati masyarakat China, mengingat saat ini sudah ada jasa untuk menyewa pacar.

Menjelma sebagai genre film

Imlek tak hanya berperan sebagai momen liburan, namun menjadi sebuah genre tersendiri bagi film. Genre ini disebut hesupian. Biasanya film bergenre ini didominasi oleh nuansa yang gembira dan mengedepankan unsur keluarga, sehingga membuat para penonton merasa nikmat.

Waktunya mengonsumsi yang manis

Tidak sah rasanya jika Imlek dilewati tanpa kudapan yang manis, itu sebabnya kue-kue tradisional seperti nian gao, babaofan, dan jau goks menjadi primadona dan selalu ludes.

(agr/agr)