Bandara Juanda Sudah Dibuka, Penerbangan Kembali Normal

CNN Indonesia | Jumat, 08/02/2019 10:50 WIB
Bandara Juanda Sudah Dibuka, Penerbangan Kembali Normal Suasana Bandara Juanda saat mengalami penutupan pada kAMIS (7/2). (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bandara Internasional Juanda di Surabaya yang sempat ditutup selama tiga jam akibat kerusakan landasan pacu pada Kamis (7/2) telah dibuka kembali pada Jumat (8/2).

Selama penutupan untuk perbaikan, setidaknya ada 11 penerbangan yang terganggu.


Sejumlah maskapai penerbangan yang melayani penerbangan ke Bandara Juanda, seperti Citilink dan AirAsia, menyatakan sudah beroperasi normal pada hari ini.


Saat dihubungi oleh CNNIndonesia.com pada Jumat (8/2) pagi, pihak pelayanan pelanggan Citilink mengatakan kalau tiket penerbangan Jakarta-Surabaya masih bisa dipesan karena belum ada pemberitahuan mengenai penundaan operasi di Bandara Juanda.

Senada dengan pernyataan di atas, pelayanan pelanggan AirAsia juga mengatakan kalau tidak ada penerbangan rute Jakarta-Surabaya yang diinformasikan mengalami penundaan pada hari ini.

"Tiket masih dipesan seperti biasa. Jika ada penundaan atau pembatalan, penumpang akan diinformasikan lebih lanjut mengenai perubahan jadwal atau pengembalian dana," kata pelayanan pelanggan Citilink saat dihubungi oleh CNNIndonesia.com melalui sambungan telepon pada Jumat (8/2).

Situs penjualan tiket dan akomodasi, Traveloka, yang dihubungi di hari yang sama menyarankan jika calon penumpang bisa menghubungi pelayanan pelanggan maskapai kalau masih ragu membeli tiket terkait masalah bandara dan maskapai.

"Ketentuan perubahan jadwal dan pengembalian dana berbeda di setiap maskapai. Kalau ragu untuk membeli tiket, penumpang bisa menelepon pihak maskapai terlebih dahulu untuk mengetahui ketentuan terkait," ujar pelayanan pelanggan Traveloka.


Seperti yang diberitakan sebelumnya, kali pertama kerusakan di lokasi dekat Touchdown Runway 10 Bandara Juanda itu diinformasikan dari Pilot Batik Air ID 6391 SUB-CGK kepada Tower pada pukul 08.40.

Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I (AP I), Yuristo Adhi Hanggoro, mengatakan belasan penerbangan yang batal mendarat dialihkan ke Denpasar, Semarang dan Singapura.

"Beberapa penerbangan yang terdampak dialihkan ke Denpasar dan Semarang. Satu penerbangan internasional SQ930 RTB ke Singapura," kata Yuristo.

"Sesuai prosedur pukul 09.15 diterbitkan NOTAM A0539/19 NOTAMN runway Bandara Juanda ditutup hingga pukul 12.00 WIB," kata Yuristo yang juga menegaskan percepatan perbaikan runway dilakukan Tim Teknik AP1.


[Gambas:Video CNN]
(agr/ard)