Irlandia Buat Spot Selfie untuk Cegah Kecelakaan

agr, CNN Indonesia | Rabu, 13/02/2019 20:14 WIB
Irlandia Buat Spot Selfie untuk Cegah Kecelakaan Ilustrasi wisatawan selfie. (Foto: AFP PHOTO / Yuri KADOBNOV)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berkembangnya era digital, membuat tren berwisata semakin berkembang. Hasrat untuk menjelajahi kawasan baru dan mengabadikannya sekaligus membagikannya dalam media sosial membuat kegiatan selfie kian populer.

Sayangnya kegiatan berfoto di tempat wisata tidak diiringi kesadaran untuk menjaga kawasan objek wisata bahkan keselamatan diri sendiri.

Mengutip Travel and Leisure, Rabu (13/2), sepanjang Maret 2014 sampai September 2016 setidaknya ada 127 nyawa yang melayang karena kecelakaan akibat selfie.


Hal tersebut jelas menjadi permasalahan baru yang menghantui dunia pariwisata, tak terkecuali Irlandia.

Untuk mengatasinya Menteri Kesehatan Mental dan Lansia Irlandia, Jim Daly, memiliki rencana membuat spot selfie lebih aman di sejumlah destinasi wisata kawasannya.

Daly mengatakan, beberapa objek wisata populer di Irlandia seperti Cliffs of Moher, Old Head of Kinsale, Mizen Head, The Beacon in Baltimore, dan Lough Hyne Woods akan dibuatkan spot selfie khusus dengan pengaman guna mencegah kecelakaan.

"Orang yang gemar selfie nyaris tidak memperhatikan lokasi saat melakukan kegiatan favoritnya. Hal tersebut biasanya dikarenakan keterbatasan waktu," ujar Daly.

Kemungkinan besar spot selfie yang bakal dibangun akan berada di posisi yang datar. Tak menutup kemungkinan juga kalau di spot selfie nantinya ada tempat duduk khusus, agar turis tak perlu berdiri di bibir jurang untuk mendapatkan foto pemandangan di sekitarnya.

Menurutnya langkah itu bisa menjadi jalan tengah agar wisatawan yang gemar melakukan selfie bisa tetap melakukan kegemarannya namun tidak membahayakan keselamatannya.

Spot selfie itu, ia melanjutkan, akan dibangun menyesuaikan dengan karakter tempat wisata yang tersebar di Irlandia. Tujuannya adalah agar tidak mengubah esensi tempat wisata dengan corak atau ornamen yang tidak perlu.

[Gambas:Video CNN]

(agr/ard)