Hari Valentine

Flower Powers: Cinta, Kepuasan Hidup, dan Kesehatan

CNN Indonesia | Kamis, 14/02/2019 11:07 WIB
<i>Flower Powers</i>: Cinta, Kepuasan Hidup, dan Kesehatan ilustrasi bunga (Pixabay/stux)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bunga adalah tanda universal yang melambangkan cinta dan kasih sayang, khususnya di hari Valentine. Namun ternyata, rangkaian buket bunga berwarna-warni tidak hanya dapat memberikan sentuhan keindahan dan menyebarkan aroma yang semerbak. 

Bunga-bunga ini juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan fisik maupun emosional. Berbagai penelitian membuktikan khasiat bunga bagi tubuh.

Berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari bunga.

1. Meningkatkan suasana hati
Professional Floral Artist Andy Djati Utomo mengatakan selain berfungsi sebagai dekorasi ruangan, bunga juga bisa mengubah suasana hati seseorang.


"Taruh bunga berwarna putih di dalam ruangan untuk meningkatkan mood atau warna cerah dan ceria seperti warna oranye, merah, dan lain-lain untuk menambah semangat," kata Andy kepada CNNIndonesia.com.

Sementara itu ahli komunikasi dari Vokasi Universitas Indonesia Devie Ramahwati juga mengatakan mendapatkan bunga akan menimbulkan rasa senang dan baik untuk kesehatan.

"Hal ini akan membuat Anda jadi lebih bahagia. Ketika perasaan senang, hormon-hormon tubuh positif akan berkembang dengan baik dan membuat tubuh terasa segar," kata Devie.

Ketika menerima seikat bunga, khususnya dari orang yang disukai, otak akan mengeluarkan hormon endorfin yang menyebabkan meningkatnya rasa senang dan merangsang kekebalan tubuh.

2. Membantu relaksasi dan mengurangi stres
Bunga dapat bermanfaat sebagai aromaterapi. Beberapa bunga yang memiliki wangi harum seperti mawar, melati, kantil, lavender, chamomile, dan sedap malam berkhasiat membuat rileks orang yang menghirupnya. 

Saat rileks, otomatis stres dan hal-hal negatif di tubuh dapat terlupakan. Bahkan aroma bunga rosemary segar bisa membantu meredakan tegang dan sakit kepala.

Andy menyatakan seni merangkai bunga Jepang atau ikebana dapat digunakan sebagai meditasi. Konsep ikebana menghadirkan rangkaian bunga sesuai musim yang sedang berlangsung ke dalam ruangan. Bunga berwarna lembut juga bisa menenangkan tubuh.

Dalam sebuah studi yang berjudul The Impact of Flowers on Perceived Stress Among Women dari University of North Florida menunjukkan bahwa perempuan yang menerima bunga terbukti bisa mengurangi tingkat stres yang dialami.

Selain itu studi lain dari American Chemical Society mengungkapkan bahwa aroma beberapa jenis tanaman bisa mengurangi tingkat stres dengan cara mengubah aktivitas gen dan senyawa dalam darah. Mencium aroma  bunga atau tanaman yang khas dan aromatik yang disebut sebagai linalool bisa mengurangi kecemasan dan stres. 


3. Meningkatkan konsentrasi
Jika merasa sering melamun dan tidak fokus akhir-akhir ini, simpanlah bunga di ruangan untuk membantu mengembalikan konsentrasi. 

Tanaman dapat melepaskan oksigen ke udara dan meningkatkan sel-sel otak sehingga tubuh merasa lebih baik.

4. Mempercepat pemulihan
Ada alasan mengapa orang sering memberikan bunga untuk orang yang sakit. Pasalnya, bunga dapat membantu pasien pulih dengan cepat. 

Beberapa pengobatan juga sering membawa pasien ke ruangan hijau untuk membuatnya merasa lebih baik setelah melihat tanaman. Pasien yang rileks akan lebih cepat sembuh daripada pasien yang stres atau tertekan.

ilustrasi valentineFoto: REUTERS/Gary Cameron
ilustrasi bunga untuk valentine

5. Menjadi obat
Selain membuat indah ruangan, bunga juga dapat diolah menjadi teh atau menjadi bahan dasar dari obat-obatan. Racikan teh bunga lavender, kamomil dan evening primrose dapat menenangkan tubuh.

Sedangkan bunga echinacea bisa membantu meningkatkan sistem imun, bunga lili mengobati penyakit jantung, dan bunga magnolia dapat mengatasi gangguan pernapasan

Beberapa bunga bisa melancarkan peredaran darah seperti pagoda dan lotus. Bunga krisan juga membantu masalah pencernaan.

6. Meningkatkan kepuasan hidup
Penelitian dari Rutgers University selama 10 bulan membuktikan bahwa bunga bisa meningkatkan emosi positif dalam kesehatan mental dan meningkatkan kepuasan hidup.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa bunga memiliki dampak langsung pada kebahagiaan pada semua usia. Dalam jangka panjang, bunga juga bisa memperbaiki mood, mengurangi depresi, kecemasan, dan lainnya.

Tak cuma itu, bunga juga menciptakan hubungan yang lebih intim pada keluarga dan teman. (fau/ptj/chs)