Tips Sederhana Merangkai Bunga di Akhir Pekan

CNN Indonesia | Minggu, 03/03/2019 08:08 WIB
Tips Sederhana Merangkai Bunga di Akhir Pekan ilustrasi buket bunga (Picjumbo/Viktor hanacek)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bunga adalah perlambang perhatian dan cinta untuk orang terkasih. Tak heran jika bunga tak pernah absen pada momen Hari Kasih Sayang.

Jika Anda ingin orang terkasih merasakan ketulusan hadiah yang diberi, tak ada salahnya untuk membuat rangkaian bunga sendiri. Selain menghemat biaya, pilihan merangkai bunga sendiri juga bisa disesuaikan dengan selera dan kesukaan orang terkasih.

Ditemui di Intuition Floral Art Studio, Jakarta, seniman bunga Andy Djati Utomo memberikan beberapa tips untuk merangkai bunga dengan cantik di Hari Kasih Sayang.


1. Tentukan tema dasar
Pertama, Anda harus menentukan warna yang akan menjadi tema dasar buket.  Buket bunga berwarna merah menjadi pilihan favorit. Atau, Anda juga bisa memberi buket bernuansa kuning untuk sahabat atau kerabat.

2. Pilih bunga dengan bentuk dan warna berbeda
Setelah menentukan tema, pilihlah bunga dengan bentuk dan gradasi warna yang berbeda-beda. Misal, jika Anda ingin membuat buket bertema merah, maka carilah bunga dan warna merah yang beragam seperti warna merah marun, merah bendera, merah hati, merah jambu, merah muda, hingga oranye dan terracotta.

"Anda juga bisa mencampurnya dengan bunga yang sedang tren di pasaran dengan bentuk dan ukuran yang berbeda. Satu bisa agak panjang, satu meruncing, satu kecil-kecil bergerombol (peacock), agak bulat (jengger ayam), dan lain sebagainya," jelas Andi

Perhatikan pula ketahanan bunga dengan memotongnya dalam posisi serong. Beri air bersih yang cukup secara berkala. Hindarkan bunga dari sinar matahari terik, angin kencang, dan sorot lampu yang panas.

3. Pilihan buket bergaya rustic
Anda juga bisa membuat buket gaya rustic (unfinished) dengan kesan informal yang sedang tren saat ini. Banyak orang yang menyukai gaya ini karena terlihat natural dengan gradasi warna yang cantik dan cenderung tidak berlebihan.

Tidak ada batasan harus ada berapa tangkai bunga dalam satu rangkaian. Anda bisa menyesuaikannya dengan budget yang Anda miliki.

4. Susun bunga dengan menggunakan perasaan
Jangan asal-asalan merangkai bunga. Gunaan perasaan Anda saat menyusun agar rangkaian bunga sebagaimana mungkin terlihat cantik dan estetik. Jangan lupa untuk membuang duri dan daun yang muncul berlebihan.

5. Bungkus bunga
Setelah rangkaian bunga dirasa pas, bungkuslah bunga dengan kertas tisu, kertas kado atau plain paper, dan pita dengan posisi jajar genjang agar membentuk segitiga yang cantik ketika dilipat. (fau/asr)