FOTO: Dua Kisah di Kota Tua Yerusalem

REUTERS/AFP, CNN Indonesia | Jumat, 15/02/2019 12:38 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemandu wisata ganda bertugas menceritakan asal usul tempar-tempat bersejarah dari sudut pandang Yahudi dan Arab.

Sambil memandangi Tembok Barat dan Kubah Batu, kerumunan turis berkumpul dengan penuh perhatian di depan dua pemandu wisata yang sedang berkisah mengenai sejarah dua tempat tersebut. (REUTERS/Ammar Awad)
Pemandu wisata ganda menjadi pemandangan umum di objek wisata yang berada di antara perbatasan Israel dan Palestina. Satu pemandu dari Israel dan pemandu lainnya dari Palestina. (REUTERS/Ammar Awad)
Pemandu wisata ganda ini bertugas menceritakan asal usul tempar-tempat bersejarah dari sudut pandang Yahudi dan Arab. (REUTERS/Ammar Awad)
Turis menuruni tangga Kubah Batu yang menjadi persinggahan tur dengan pemandu wisata ganda. (REUTERS/Ammar Awad)
Pemandu wisata ganda ini tak saling serang dalam memberikan fakta sejarah yang terjadi. Mereka bahkan saling membantu saat turis mengajukan pertanyaan mengenai Israel dan Palestina. (REUTERS/Ammar Awad)
Noor Awad, pemandu wisata asal Palestinian dan kawannya, Lana Zilberman Soloway, penganut Yahudi, saat membimbing turis dalam turnya. (REUTERS/Ammar Awad)
MEJDI Tours, operator wisata yang menawarkan layanan ini, mengatakan kalau tur dengan pemandu wisata ganda berlangsung sejak Oktober tahun lalu. (REUTERS/Ammar Awad)
Penjaja oleh-oleh membuka peta Kota Lama Yerusalem yang menjadi barang jualannya. (AFP/THOMAS COEX)
Tur bersama pemandu wisata ganda ini berlangsung mingguan. (AFP/THOMAS COEX)
Pemandangan dari Jabel Mukaber, kawasan Palestina yang dikuasai oleh Israel, yang menunjukkan panorama Kubah Batu (emas) dan Masjid Al-Aqsa (silver). (AFP/AHMAD GHARABLI)