Pengamat: Infrastruktur Wisata Indonesia Masih 'Jalan Kaki'

CNN Indonesia | Minggu, 17/02/2019 11:00 WIB
Pengamat: Infrastruktur Wisata Indonesia Masih 'Jalan Kaki' Ilustrasi. ruas Jalan Tol fungsional Bogor, Cianjur dan Sukabumi (Bocimi) seksi I di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagai salah satu bidang yang sedang dan digandrungi banyak pihak, pariwisata rupanya tidak bisa berjalan sendiri. Ada beberapa aspek yang sangat terkait, termasuk yang menjadi tema untuk debat capres kedua di Pilpres 2019; pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Meskipun dari seluruh 'episode' debat tersebut tidak ada yang dikhususkan untuk membahas pariwisata, namun Ketua Ikatan Cendikiawan Pariwisata Indonesia (ICPI), Prof. Azril Azahari, PhD, menegaskan infrastruktur terkait pariwisata belumlah memadai. 


Menurutnya hal ini bisa dilihat dari salah satu bidang penting dalam pariwisata yaitu MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition).


"MICE harus punya fasilitas seperti hotel yang berada dekat dengan lokasi acaranya, harus jalan kaki. Di Indonesia yang bisa seperti itu paling baru di Nusa Dua, Bali. Mandalika saya kurang paham perkembangannya," ujar Azril kepada CNNIndonesia.com, saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu (16/2).

"Jadi masalahnya adalah fasilitas dan infrastrukturnya (untuk MICE) belum ada."


Azril juga menuturkan sektor pangan, sumber daya alam, dan lingkungan hidup juga memiliki 'ikatan' dengan pariwisata.

Karena menurutnya saat ini pariwisata sudah masuk ke dalam tahap keberlangsungan, sehingga lingkungan hidup adalah aspek yang sangat penting.

Ia memberi contoh tahun lalu ada seorang wisatawan mancanegara yang menyelam di Bali bersama tumpukan sampah di Bali. Menurutnya hal ini sangatlah memalukan.

Selain itu, ia menambahkan, wacana Penutupan Taman Nasional (TN) Komodo di Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah langkah yang tepat mengingat kondisi di TN Komodo yang semakin dikerubuti turis.

"TN Komodo itu kondisinya sudah memprihatinkan. Jadi (wacana penutupan) itu sudah tepat," katanya.

Debat capres kedua akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta, dan dimulai pukul 20.00 WIB.

Pembaca berita Tommy Tjokro dan Anisha Dashuki diplot sebagai moderator sekaligus memandu jalannya debat capres kedua ini. Nama Najwa Shihab sempat menjadi kandidat kuat moderator debat sebelum akhirnya KPU memutuskan Tommy dan Anisha.

Sementara itu tim panelis beranggotakan Joni Hermana (Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember), Nur Hidayati (Direktur Eksekutif Walhi), Arif Satria (Rektor Institut Pertanian Bogor), Irwandy Arif (ahli pertambangan Institut Teknologi Bandung), Ahmad Agus Setiawan (pakar energi Universitas Gadjah Mada), Sudharto Prawata Hadi (pakar Lingkungan Hidup), Dewi Kartika (Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA).

Bagi Anda yang tidak bisa berada di depan televisi saat debat, bisa menyaksikannya lewat Live Streaming di situs CNNIndonesia.com. Live Streaming akan dimulai pukul 19.30 WIB.


[Gambas:Video CNN]

(agr/ard)