Wapres JK: TN Komodo Tidak Perlu Ditutup

CNN Indonesia | Selasa, 19/02/2019 18:18 WIB
Wapres JK: TN Komodo Tidak Perlu Ditutup Pemandangan di Taman Nasional Komodo. (Dok. Trans 7)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla menginstruksikan agar Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menunda penutupan Taman Nasional Komodo. Alih-alih menutup, JK lebih setuju apabila taman nasional itu ditata ulang secara bertahap.

"Saya sudah bicara dengan Pak Gubernur (NTT), bahwa memang komodo itu harus direvitalisasi secara baik tapi bertahap. Tidak ditutup," ujar JK di kantor Wakil Presiden Indonesia, Jakarta, Selasa (19/2).

Selama proses revitalisasi tersebut, kata JK, wisatawan tetap dapat mengunjungi tempat selain Taman Nasional Komodo.


Namun menurut Duta Komodo ini, upaya revitalisasi tersebut harus dikaji lebih lanjut antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Kementerian Pariwisata. 


"Mungkin tahun ini bisa pulau (Komodo) diperbaiki. Selama perbaikan itu wisatawan pergi ke pulau lain, kan ada Pulau Rinca, ada Pink Beach," katanya.

Dengan cara tersebut, JK meyakini roda perekonomian di kawasan Taman Nasional Komodo tetap berjalan.


Masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut pun tak perlu khawatir akan kehilangan pekerjaan akibat rencana penutupan taman nasional tersebut.

"Jadi masyarakat tetap punya kerjaan. Diperbaiki dulu, kalau selesai pindah ke tempat yang lain," ucap JK.

Wacana penutupan Taman Nasional Komodo yang digagas oleh Gubernur NTT Viktor Laiskodat sebelumnya dikeluhkan sejumlah pihak, terutama pelaku wisata.

Berbagai jadwal perjalanan menuju taman nasional dikatakan sudah batal akibat wacana tersebut.


[Gambas:Video CNN]

(pris/ard)