Kacamata Hitam Tak Pernah Absen dari Gaya Karl Lagerfeld

CNN Indonesia | Rabu, 20/02/2019 08:41 WIB
Kacamata Hitam Tak Pernah Absen dari Gaya Karl Lagerfeld Karl Lagerfeld (REUTERS/Philippe Wojazer)
Jakarta, CNN Indonesia -- Desainer legendaris Karl Lagerfeld meninggal dunia di usianya ke 85 tahun pada Selasa (19/2). Sepanjang kariernya, Lagerfeld terkenal sebagai desainer yang ikonik. Bukan hanya rancangannya, tapi juga gayanya yang selalu menarik perhatian.

Salah satu ciri khas Lagerfeld adalah tampil dengan kacamata hitam, rambut perak, dan sarung tangan tanpa jari. Dia jarang atau bahkan hampir tidak pernah terlihat kamera tanpa aksesori fesyen itu.

Khusus untuk kacamata hitam ini memang tak muncul sejak Lagerfeld berkarier. Pada awal 1980-an gaya Lagerfeld terkenal dengan mantel panjang dan celana longgar.


Berdasarkan catatan Huffington Post, barulah pada 1990-an, gaya Lagerfeld bertambah dengan sebuah kacamata hitam yang tak pernah dilepasnya di tempat umum atau kala bertemu media. Sejak saat itu, kacamata hitam selalu melekat dengan gaya Lagerfeld di berbagai kesempatan.

Hanya sekali waktu creative director Chanel dan Fendi ini terlihat pernah melepas kacamata itu saat tengah berlibur bersama seorang kawan di Saint Tropez pada Agustus 2011. Saat itu, matanya terbuka lebar dengan kantung mata di bawahnya. Dia tampak sedikit lebih tua, maklum saat itu usianya sudah memasuki 78 tahun.

Lagerfeld hampir selalu mengenakan kacamata dengan gaya netral yang tak kenal musim dan jenis kelamin sehingga cocok dipakai kapan saja dan di mana saja.

"Kacamata hitam sangat cantik, semua orang terlihat lebih baik dengan itu dan tanpanya mereka tidak terlihat cantik," kata Lagerfeld kepada Elle pada Juni 2011 lalu.

Beragam spekulasi bertebaran mengenai alasan pria berjuluk Kaiser ini getol menggunakan kacamata. Beberapa menyebut Lagerfeld ingin terlihat eksentrik, lengkap dengan gaya rambut dan sarung tangan.

Adapula yang menyebut lagerfeld hanya ingin menyembunyikan kerutan pada matanya yang membuatnya semakin terlihat tua. Asumsi lain menyatakan Lagerfeld ingin dikenal sebagai pria dengan kacamata hitam.

Salah satu alasan yang masuk akal adalah, dikutip dari Her World, Lagerfeld menggunakan kacamata hitam karena ingin mencegah kebutaan. Dia punya pengalaman buruk yang membuatnya trauma jika tidak memakai kacamata.

"Ketika saya masih sangat muda, saya terkena tumpahan wiski di wajah saya secara tidak sengaja. Jika saya tanpa kacamata, saya akan kehilangan mata. Jadi, saya tidak pernah keluar tanpa kacamata hitam merek dagang saya" tutur Lagerfeld kepada Marie Claire.

Kacamata ini merupakan bentuk perlindungan Lagerfeld bagi matanya, salah satu aset penting bagi seorang desainer.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)