Manfaat Menggunakan Minyak Telon bagi Bayi dan Dewasa

CNN Indonesia | Rabu, 27/02/2019 05:40 WIB
Manfaat Menggunakan Minyak Telon bagi Bayi dan Dewasa Ilustrasi pijat bayi (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Minyak telon sudah digunakan turun-temurun sejak zaman dahulu. Minyak ini aman digunakan segala usia dari bayi hingga dewasa.

Nama minyak telon berasal dari bahasa Jawa, 'telu' yang berarti 'tiga'. Seperti namanya, minyak telon merupakan gabungan dari tiga jenis minyak seperti minyak kayu putih, kelapa, dan adas.

"Dasarnya minyak telon itu terdiri dari tiga bahan. Sesuai standar nasional apapun mereknya minyak telon harus mengandung tiga bahan ini yakni minyak kayu putih, kelapa, dan adas," kata General Manager Brand Portofolio Strategy & Innovation Tempo Group Dahlia Yolanda dalam gelaran acara My Baby Minyak Telon, Jakarta, Selasa (19/1).


Setiap minyak ini memberikan manfaat tersendiri bagi kulit. Berikut manfaat memakai minyak telon untuk bayi maupun orang dewasa.

1. Mencegah perut kembung
Kandungan minyak adas yang didapat ekstrak tumbuhan adas dapat mencegah perut kembung. Mengoles minyak telon pada bagian perut dapat meredakan perut kembung akibat gas berlebih atau naiknya asam lambung.

2. Memberikan kehangatan
Kandungan minyak kayu putih dalam minyak telon akan memberikan sensasi hangat pada tubuh sehingga dapat terhindar dari masuk angin. Kondisi badan yang hangat membuat tubuh lebih nyaman, terutama bagi bayi yang masih sensitif dan dalam masa adaptasi.

Aroma yang khas dari minyak telon juga semakin meningkatkan kenyamanan.

3. Melembapkan kulit
Kandungan minyak kelapa dalam minyak telon mampu memberikan kelembapan pada kulit normal maupun kulit kering. Kulit yang lembap mencegah datangnya beragam masalah kulit seperti mengelupas dan iritasi ringan.

4. Melancarkan peredaran darah
Mengoleskan minyak telon dengan cara memijat dapat melancarkan peredaran darah dan tubuh pun menjadi rileks. Oleskan pada bagian perut, dada, punggung, telapak kaki, dan leher. Bagian tubuh ini kerap terbuka dan memiliki pembuluh darah halus sehingga tepat sasaran bila dioleskan minyak telon.

Pada bayi, kegiatan memijat juga dapat meningkatkan keintiman.

5. Menghindari gigitan nyamuk
Minyak telon yang sudah dicampur dengan bahan lain seperti minyak sereh, eucalyptus, dan lavender dapat memberikan perlindungan dari gigitan nyamuk.

Aroma yang timbul dari campuran ini membuat nyamuk dan serangga enggan mendekat. Pada bayi, minyak telon disebut lebih efektif menangkal nyamuk dibandingkan losion berbahan kimia. (ptj/asr)