Restoran Terbaik di Dunia 2019 Ada di Afrika Selatan

CNN Indonesia | Kamis, 21/02/2019 19:18 WIB
Restoran Terbaik di Dunia 2019 Ada di Afrika Selatan Ilustrasi restoran (Unsplash/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bukan restoran di Prancis, Italia, Jepang, atau Amerika Serikat yang paling menggiurkan di dunia. Tapi, sebuah restoran di Afrika Selatan, Wolfgat, menjadi restoran terbaik di dunia versi World Restaurant Awards 2019.

Wolfgat merupakan sebuah restoran kecil di pesisir Afrika Selatan. Restoran ini hanya memiliki 20 kursi di sebuah desa nelayan yang terisolasi, berjarak dua jam berkendara dari Cape Town, ibu kota Afrika Selatan.

Tak hanya Restaurant of the Year, Wolfgat juga memenangkan kategori Off-Map Destination, penghargaan untuk restoran yang berada di tempat tak terjangkau atau bahkan boleh jadi tak diperhitungkan dalam peta.


Chef Kobus van der Merwe menerima piala kemenangan itu saat malam penganugerahaan yang digelar di Paris, Prancis, Selasa (19/2).

"Saya tak bisa berkata-kata. Suatu kehormatan luar biasa, berada di ruangan yang penuh dengan orang-orang yang saya kagumi," kata Van der Merwe dalam pidato kemenangannya, dikutip dari CNN.

Dalam pidato itu, Van der Merwe bercerita, Wolfgat dibangun oleh tim kecil yang berisi enam orang. Di sana mereka saling belajar satu sama lain.

"Tidak ada hierarki di dapur sehingga semuanya tentang kolaborasi dan belajar dari satu sama lain. Saya sangat bangga dengan mereka. Mereka tidak berasal dari latar belakang yang formal, jadi pencapaian ini jauh lebih menakjubkan," ungkap Van der Merwe.

Wolfgat memberikan pengalaman menyantap tujuh hidangan di sebuah pondok bersejarah yang kini berusia 130 tahun. Paket ini dihargai senilai US$60 atau hampir Rp850 ribu.

Tujuh menu itu didominasi makanan laut yang didapat dari nelayan lokal dan sering kali hanya bisa didapatkan musiman.

[Gambas:Instagram]

Van der Merwe mengaku merasa terhormat bisa membawa kuliner Afrika Selatan ke kancah internasional.

"Afrika Selatan adalah perpaduan budaya, kami adalah negara yang beragam. Sebelas bahasa resmi, jadi tidak ada yang namanya masakan Afrika Selatan, masakan yang sangat beragam. Tapi saya pikir ini akhirnya dimulai," kata Van der Merwe.

World Restaurant Awards merupakan sebuah alternatif penghargaan di dunia kuliner selain Michelin. Penerima penghargaan tahun ini merupakan koki dan restoran yang berasal dari 10 negara di empat benua.

Penghargaan ini tidak hanya fokus pada santapan, tapi juga memberikan apresiasi unik seperti kategori No Reservations Required, Off-Map Destination, Tattoo-Free Chef, dan akun Instagram terbaik.

Pemenang akun Instagram tebaik disabet oleh koki Prancis Alain Passard. Restoran Thailand Bo Lan juga meraih gelar di kategori Small Plates, Tweezer-Free Kitchen.

[Gambas:Instagram] (ptj/asr)