10 Nutrisi 'Pemompa' Gairah Seks

CNN Indonesia | Jumat, 22/02/2019 00:10 WIB
10 Nutrisi 'Pemompa' Gairah Seks Brokoli, salah satu nutrisi pemompa gairah seks. (Jakub Kapusnak/FoodiesFeed)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jika akhir-akhir ini Anda sering merasa tidak puas saat berhubungan seks, sulit ereksi, atau kurang bergairah, bisa jadi penyebabnya adalah karena tubuh Anda kekurangan vitamin dan mineral.

Sejumlah penelitian telah menyebutkan bahwa pola makan memainkan peranan penting pada kehidupan seks, utamanya jika Anda melakoni diet nabati. Diet ini bisa memberi tubuh aroma alami yang bisa menarik perhatian pasangan, mempercantik kulit, hingga meningkatkan aliran darah pada alat kelamin pria serta meningkatkan lubrikasi alami pada wanita.

Mengutip Boldsky, para peneliti menyatakan, diet nabati bisa meningkatkan kualitas orgasme pada pria dan wanita dengan pelepasan histamine dan meningkatkan aliran darah ke organ seksual. Selain itu, diet ini juga mampu membuat gairah seks kian terangsang dan memberikan dorongan untuk hormon seks.


Ada beberapa jenis vitamin dan mineral yang mampu meningkatkan kinerja seks yang sedang loyo.

1. Nitrat
Nitrat bisa ditemukan dalam ubi merah, bayam, seledri, selada bokor, peterseli, lobak, sawi hijau, dan masih banyak lagi.

Nitrat akan diubah menjadi oksida nintrat dalam tubuh. Menurut studi, oksida nitrat bertindak sebagai vasodilator yang berperan dalam membuka pembuluh darah dan menjaga tekanan pada corpus cavernosum atau jaringan ereksi yang kaya akan pembuluh darah. Oksida nintrat membuat corpus cavernosum lebih rileks sehingga memudahkan ereksi.

2. Magnesium
Magnesium adalah mineral yang punya kemampuan meningkatkan hormon seks seperti progesteron, testosteron, estrogen, dan neurotransmiter seperti epinefrin dan dopamin yang mengatur gairah seks.

Magnesium dapat melebarkan pembuluh darah sehingga mampu meningkatkan aliran darah ke alat kelamin. Hal itu akan berujung pada hubungan seks yang lebih bergairah dan menyenangkan.

Magnesium bisa Anda temukan pada sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kangkung.

3. Vitamin B6
Vitamin B6 dikenal dapat meningkatkan libido dan membantu mengatur produksi estrogen, testosteron, serotonin, sel darah merah, dan dopamin.

Alpukat, kentang panggang, keju, dan tomat adalah sederet makanan yang diketahui mengandung vitamin B6.

4. Vitamin B3
Vitamin B3 atau niacin mampu meningkatkan gairah seks. Selain itu, vitamin ini juga punya kemampuan untuk memetabolisme anaerob yang menghasilkan energi seksual sekaligus meningkatkan aliran darah ke alat kelamin.

Vitamin ini juga membantu kelenjar adrenalin untuk menghasilkan hormon seks dan meningkatkan gejolak seksual.

Beberapa sumber vitamin B3 yang muda Anda temui di antaranya jamur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kentang.

5. Vitamin C
Kita semua tahu bahwa vitamin C kaya manfaat. Selain bisa menangkal flu dan meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin ini juga mampu menyintesis hormon seks dan kesuburan seperti estrogen, androgen, dan progesteron.

Anda bisa coba mengonsumsi bayam, brokoli, kubis, dan beberapa sumber vitamin C lainnya untuk meningkatkan gairah seks.

6. Selenium
Kekurangan selenium dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Selain itu, kadar selenium yang minim juga bisa mengakibatkan jumlah sperma yang dihasilkan sedikit.

Pria perlu mempertahankan asupan selenium sebagaimana yang ada pada kacang, jamur kancing putih, brokoli, bayam, dan biji chia. Konsumsi makanan-makanan itu dapat membantu pria mempertahankan kejantanannya.

7. Vitamin E
Vitamin E disebut juga sebagai vitamin seks. Vitamin ini dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke alat kelamin.

Asupa harian vitamin E yang tinggi pada pria akan membuat jumlah sperma yang dihasilkan meningkat. Vitamin E bisa didapat dari ubi, bayam, asparagus, dan buncis.

8. Vitamin A
Vitamin ini sangat berperan dalam produksi testoseron atau hormon seks yang dikenal untuk meningkatkan kejantanan. Vitamin A juga bisa membuat siklus reproduksi pada wanita menjadi teratur.

Makanan sumber vitamin A antara lain wortel, ubi jalar, labu, dan berbagai jenis sayuran hijau.

9. Zinc
Kekurangan zinc dapat menyebabkan Anda tidak subur dan kehilangan hasrat seksual. Kekurangan mineral membuat kadar testosteron menjadi rendah.

Sebuah penelitian terkait telah menemukan bahwa pria yang mengonsumsi 30 miligram zinc per hari menunjukkan peningkatan kadar testosteron dalam tubuh. Kadar testosteron yang tinggi mampu meningkatkan gairah seksual.

Untuk meningkatkan gairah seksual melalui zinc, Anda bisa coba mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian.

10. Zat Besi
Mineral penting lainnya untuk meningkatkan gairah seks adalah zat besi. Zat yang satu ini diperlukan untuk mengantarkan oksigen ke sel-sel dalam tubuh. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan kelelahan yang ujung-ujungnya dapat menurunkan libido.

Zat besi banyak terkandung pada beberapa makanan seperti tahu, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. (fau/asr)