Cara Ampuh Usir Rasa Pedas di Mulut Tanpa Air Dingin

CNN Indonesia | Jumat, 22/02/2019 10:30 WIB
Cara Ampuh Usir Rasa Pedas di Mulut Tanpa Air Dingin Ilustrasi masakan pedas (Istockphoto/st_lux)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada kenikmatan tersendiri saat menemukan rasa pedas dalam sajian makanan. Apalagi bagi Anda penggemar makanan pedas, terkadang menambahkan sambal meski masakan sudah terasa pedas menjadi wajib.

Akan tetapi, setelah bersantap, lidah rasanya seperti terbakar dan mulut terasa panas. Air mineral dingin bukan langkah tepat untuk dipilih. Pasalnya, redam yang diberikan oleh air dingin hanya bersifat sementara.

Namun, sesungguhnya ada beberapa cara lain yang bisa ditempuh agar lidah dan mulut tak lagi kepanasan. Mengutip berbagai sumber, berikut makanan dan minuman yang bisa meredakan rasa pedas.


1. Susu
Kandungan capcaisin pada cabai menjadi penyebab rasa pedas yang membakar ini. Untuk menetralkannya, Anda hanya cukup meminum susu atau menyantap makanan berbahan susu seperti keju, cokelat susu, atau yogurt.

Kebiasaan ini sudah dipraktikkan sejak 8 ribu tahun lalu saat Amerika Selatan dan Amerika Tengah menambahkan cabai pada masakan mereka. Orang-orang pun mulai mencari cara untuk meredakan rasa pedas setelah bersantap. Susu pun jadi jawabannya.

Mengutip Medical Daily, laporan American Chemical Society menyebut, kandungan kasein dari susu membantu memecah ikatan capcaisin pada reseptor saraf. Hal ini bisa menjawab mengapa banyak kandungan susu pada sajian masakan pedas ala Meksiko dan orang-orang Indian.

2. Jus
Jika tidak menemukan susu, maka Anda bisa menggantinya dengan jus. Redam panas dan pedas di mulut dengan jus tomat, jeruk, atau lemon.

Jus memiliki efek menetralkan keasaman dari makanan pedas yang disantap. Mulut pun lebih adem.

Selain itu, trik menambahkan rasa asam pada makanan pedas juga bisa dilakukan saat proses memasak. Coba tambahkan perasan lemon atau jeruk nipis, anggur (wine), cuka atau saus tomat untuk meredam efek panas pada masakan pedas.

3. Gula atau madu
Rasa manis mampu mendatangkan perasaan bahagia dan bisa dimanfaatkan untuk meredakan rasa pedas di mulut. Cukup kulum gula pasir atau satu sendok madu. Kandungan gulanya akan menyerap minyak cabai dan menciptakan rasa yang berbeda.

4. Roti
Segala sesuatu yang mengandung pati bisa membantu menetralkan rasa pedas. Makanan yang mengandung pati seperti roti, keripik singkong, biskuit, kentang, nasi atau pasta bisa jadi 'benteng' bagi mulut terhadap capcaisin dari cabai. (els/asr)


BACA JUGA