Maskapai Singapura Dikritik Soal Kamera 'Pengintai' Penumpang

AFP, CNN Indonesia | Kamis, 21/02/2019 18:24 WIB
Maskapai Singapura Dikritik Soal Kamera 'Pengintai' Penumpang Ilustrasi. (AFP PHOTO / Fyrol Mohd)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pihak maskapai penerbangan Singapore Airlines pada Kamis (21/2) menegaskan bahwa tidak lagi mengaktifkan kamera yang berada di belakang bangku setelah mendapat banyak protes dari penumpangnya.

Keberadaan kamera di bawah layar hiburan yang terletak di belakang bangku dirasa banyak penumpang sebagai kamera mata-mata, karena tidak jelas penggunaannya.

Maskapai penerbangan asal Negeri Singa ini dituduh mencuri profil penumpang secara diam-diam melalui kamera tersebut.


"Baru saja menemukan sensor yang memperhatikan saya dari bangku belakang Singapore Airlines. Ada pendapat ahli mengenai kegunaan kamera ini?" tulis seorang penumpang bernama Vitaly Kamluk dalam cuitannya di Twitter.

Cuitan Kamluk juga disertai foto kamera yang dimaksud.



Penumpang lain juga menulis cuitan senada, yang meminta Singapore Airlines memberitahu penumpang mengenai keberadaan dan fungsi kamera, terutama bagi penumpang yang berasal dari Uni Eropa.

Setelah diinformasikan, mereka juga meminta pihak maskapai secara terbuka memberitahu mengenai jenis profil yang diambil, kegunaan dan durasi penyimpanan data tersebut.

Pihak Singapore Airlines mengkonfirmasi keberadaan kamera yang jadi satu dengan sistem hiburan dalam pesawat terbaru mereka.

Namun saat ini mereka mengatakan kalau kamera tersebut tak lagi digunakan.

"Kamera-kamera ini telah dirancang oleh produsen untuk pengembangan di masa depan. Kamera-kamera ini telah dinonaktifkan secara permanen di pesawat kami dan tidak dapat diaktifkan di papan," kata pihak maskapai melalui keterangan resminya seperti yang dikutip dari AFP pada Kamis (21/2)

"Kami tidak memiliki rencana untuk mengaktifkan atau mengembangkan fitur apa pun menggunakan kamera," lanjutnya.

[Gambas:Video CNN]

(ard)