Mempersiapkan Pesta Pernikahan Modern Butuh Waktu 528 Jam

CNN Indonesia | Selasa, 26/02/2019 19:46 WIB
Mempersiapkan Pesta Pernikahan Modern Butuh Waktu 528 Jam Ilustrasi pesta pernikahan (Istockphoto/Pilin_Petunyia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menyiapkan pesta pernikahan butuh waktu lama. Di kota-kota besar bahkan membutuhkan waktu berbulan-bulan atau lebih dari satu tahun untuk menyiapkan pernikahan idaman.

Penelitian terbaru menemukan, persiapan pernikahan modern membutuhkan waktu 528 jam atau setara dengan 22 hari penuh.

Namun, tentu saja pernikahan itu tak disiapkan dalam 22 hari berturut-turut. Studi ini mendapati, rata-rata pasangan mempersiapkan pernikahan selama 11 bulan atau 44 minggu dengan total waktu 528 jam.


Hasil ini didapat setelah peneliti menganalisis perilaku dan kebiasaan 2 ribu orang Amerika Serikat yang menikah pada tahun lalu. Studi ini dilakukan melalui survei daring di situs resmi Minted.

Selama waktu persiapan resepsi pernikahan, survei ini juga menemukan mayoritas pasangan atau sebanyak 68 persen mengaku senang merencanakan hari istimewa mereka.

Mayoritas atau sebanyak 94 persen partisipan dalam penelitian ini mengatakan, pasangan mereka ikut membantu merencanakan pernikahan dan membuat proses itu menjadi lebih menyenangkan.

Senang bukan berarti tanpa hambatan. Dikutip dari The Independent, rata-rata pasangan yang disurvei mengatakan mereka mengalami empat perselisihan sebelum hari pernikahan datang. Hanya 23 persen dari partisipan yang mengaku tak mengalami perselisihan jelang hari H.

Alasan paling umum dalam perselisihan itu 25 persen membahas tempat pernikahan, 19 persen perkara daftar tamu yang diundang, dan 18 persen karena urusan katering. Sebanyak 25 persen orang yang disurvei menyebut, memilih tempat pernikahan yang tepat adalah bagian yang paling menantang dalam mempersiapkan pernikahan.

Sementara itu, 18 persen pasangan mengaku merasa tertekan saat berurusan dengan mertua selama proses perencanaan. Sebanyak 17 persen perempuan juga mengatakan khawatir tidak mendapatkan gaun pengantin yang sempurna. (ptj/asr)