Masalah Terbesar Remaja Saat Ini: Cemas dan Depresi

CNN Indonesia | Selasa, 19/03/2019 09:15 WIB
Masalah Terbesar Remaja Saat Ini: Cemas dan Depresi Ilustrasi remaja (Maguiss/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Siapa bilang hanya orang dewasa yang punya masalah? Remaja ternyata juga berkutat dengan beragam masalah yang dimilikinya.

Penelitian terbaru mengungkapkan masalah terbesar yang dihadapi remaja saat ini adalah kecemasan dan depresi.

Temuan ini didapat setelah organisasi penelitian nirlaba Pew melakukan survei terhadap 920 remaja di Amerika Serikat. Sebanyak 70 persen remaja berusia 13-17 tahun percaya masalah kesehatan mental adalah masalah utama bagi generasi mereka.


Sebagai perbandingan, hanya sedikit remaja yang menyatakan memiliki masalah dengan penyalahgunaan narkoba dan minuman beralkohol. Hanya enam persen yang menyatakan mereka merasa tertekan menggunakan narkoba dan empat persen merasakan tekanan untuk minum alkohol.

Studi ini juga menyoroti sekolah menjadi salah satu sumber tekanan bagi remaja. Sebanyak 61 persen remaja merasa perlu untuk mendapatkan nilai bagus.

Masalah lain yang juga muncul di kalangan remaja adalah tekanan untuk selalu terlihat baik sebanyak 29 persen, diikuti kebutuhan adaptasi sosial 28 persen, dan pandai berolahraga 21 persen.

Berdasarkan jenis kelamin, penelitian ini menemukan, remaja perempuan lebih cenderung bangun dengan perasaan cemas sebanyak 36 persen dibanding remaja laki-laki 23 persen. Dari pendapatan keluarga, kesehatan mental jadi masalah di semua keluarga tak peduli orang kaya atau pun miskin.

Diberitakan Independent, laporan Pew merupakan kelanjutan dari studi terbaru NHS Inggris yang menemukan satu dari delapan anak di Inggris hidup dengan masalah kesehatan mental.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)