10 Vitamin dan Mineral yang Bantu Tingkatkan Kinerja Seks

CNN Indonesia | Selasa, 26/02/2019 01:12 WIB
10 Vitamin dan Mineral yang Bantu Tingkatkan Kinerja Seks ilustrasi seks (Istockphoto/dima_sidelnikov)
Jakarta, CNN Indonesia -- Stamina dan daya tahan bercinta bukan cuma soal asupan makanan afrodisiak dan juga obat-obatan.

Namun masalah seksual seperti sulit ereksi atau kurang bergairah, hingga ejakulasi dini, bisa disebabkan karena kekurangan vitamin dan mineral.

Melansir dari Boldsky, penelitian mengungkapkan  bahwa vitamin dan mineral yang sesuai dan cukup akan membantu meningkatkan kinerja seksual pria dan wanita dengan melepaskan histamine dan meningkatkan aliran darah ke organ seksual.


Berikut vitamin dan mineral yang diketahui dapar meningkatkan kinerja seks Anda:


1.  Nitrat
Nitrat bisa ditemukan dalam ubi merah, bayam, seledri, selada bokor, peterseli, lobak, sawi hijau, dll.

Nitrat akan diubah menjadi oksida nitrat dalam tubuh. Menurut studi, oksida nitrat bertindak sebagai vasodilator yang membuka pembuluh darah dan membantu menjaga tekanan pada corpus cavernosum, yaitu jaringan ereksi mirip spons yang kaya akan pembuluh darah. Hal ini bisa menyebabkan corpus cavernosum menjadi rileks dan menjadi penuh dengan darah sehingga memudahkan ereksi.
 
2.  Magnesium
Magnesium adalah mineral lainnya yang bisa meningkatkan hormon seks seperti progesterone, testorseron, estrogen, dan neurotransmitter seperti epinefrin dan dopamine yang mengatur gairah untuk melakukan hubungan seks.

Menurut peneliti, magnesium dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga meningkatkan aliran darah ke alat kelamin dan menciptakan gairah yang lebih besar pada pria dan wanita dan membuat seks lebih menyenangkan. Magnesium terdapat pada sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kangkung.
 
3. Vitamin B6
Vitamin ini dapat meningkatkan libido dan membantu mengendalikan prolaktin yang tinggi juga mengatur produksi estrogen, testoseron, serotonin, sel darah merah, dan dopamine. Vitamin ini dikandung alpukat, kentang panggang, keju cottage, dan tomat.
 
4. Vitamin B3
Vitamin B3 atau niacin ini bisa meningkatkan gairah seks Anda dan melakukan metabolisme anaerob yang menghasilkan energi seksual dan meningkatkan alirah darah ke alat kelamin.

Vitamin ini juga membantu kelenjar adrenalin untuk menghasilkan hormon seks dan meningkatkan gejolak seksual. Sumber vitamin B3 yang baik adalah jamur, kacang-kacangan, biji-bijian dan kentang.
 
5. Vitamin C
Kita semua tahu bahwa vitamin C kaya manfaat. Selain bisa menangkal flu dan meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin ini juga bisa menyintesis hormon seks dan kesuburan seperti estrogen, androgen dan progesterone. Vitamin ini juga bagus untuk kulit.

Makanan nabati yang kaya vitamin C antara lain adalah bayam, brokoli, kubis brussel, dan lain-lain.
 
6. Selenium
Kekurangan selenium dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Kekurangan selenium juga bisa mengakibatkan jumlah sperma yang dihasilkan sedikit, motilitas rendah. Jadi para pria harus mempertahankan asupan selenium dengan optimal supaya kejantanannya terjaga.

Adapun makanan yang kaya selenium adalah kacang lima, jamur kancing putih, brokoli, bayam dan biji chia.


7. Vitamin E
Vitamin E ini juga disebut sebagai vitamin seks. Vitamin ini dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke alat kelamin Anda, dan meningkatkan gairah seks Anda. Asupan harian vitamin E yang tinggi pada pria akan membuat jumlah sperma yang dihasilkan meningkat. Vitamin E bisa didapat dari ubi, bayam, asparagus dan buncis.
 
8. Vitamin A
Vitamin ini sangat penting dalam produksi testosteron, atau hormon seks yang dikenal untuk meningkatkan kejantanan. Vitamin A juga bisa membuat siklus reproduksi pada wanita menjadi teratur.

Makanan sumber vitamin A antara lain wortel, ubi jalar, labu, dan sayuran hijau untuk produksi hormone seks pria dan wanita.
 
9. Zinc (Seng)
Kekurangan seng dapat menyebabkan Anda tidak subur dan kehilangan hasrat seksual. Kekurangan mineral membuat kadat testoseron menjadi rendah. Sebuah penelitian terkait telah menemukan bahwa pria yang mengonsumsi 30 mg seng per hari menunjukkan peningkatan kadar testoseron bebas dalam tubuh mereka.

Hal ini meningkatkan kesehatan seksual dan dorongan seksualnya. Makanan kaya seng adalah kacang-kacangan, dan  biji-bijian.
 
10.  Zat Besi
Mineral penting lainnya untuk meningkatkan gairah seks Anda. Zat besi diperlukan untuk mengantarkan oksigen ke sel-sel Anda. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan kelelahan yang menurunkan libido Anda.

Hal ini berdampak pada gairah seksual, pelumasan dan kemampuan untuk mengalami orgasme yang rendah. Zat besi banyak terkandung pada tahu, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. (fau/chs)