Tempat Istimewa untuk Maniak Film Selain Hollywood

CNN Indonesia | Senin, 25/02/2019 21:03 WIB
Tempat Istimewa untuk Maniak Film Selain Hollywood Ilustrasi. (Foto: REUTERS/Kevork Djansezian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Saat menyaksikan sebuah film, tidak sedikit orang terpana oleh lokasi dalam sebuah adegan. Bahkan tidak jarang yang tergoda untuk menyambangi lokasi tersebut dengan niat menjadi wisatawan.

Sayangnya tidak semua yang ada di dalam film bisa disambangi, karena banyak adegan yang justru dibuat di dalam studio tanpa harus bersusah payah pindah lokasi syuting.

Mengutip CNN Travel, berikut adalah tempat istimewa yang harus disambangi oleh para maniak film selain Hollywood.


Mumbai, India

Terletak di kota Mumbai, studio skala raksasa bernama Bollywood merupakan salah satu saingan berat Hollywood di Amerika Serikat. Aktor-aktor kenamaan India yang sudah mendunia seperti Deepika Padukone atau Shah Rukh Khan, mudah ditemui di tempat ini.

Bollywood juga memiliki rangkaian tur yang memudahkan para penggemar film untuk 'berdekatan' dengan proses kreatif insan perfilman.


London, Inggris

Para penggemar film Harry Potter, tentu sudah hafal detil setiap adegan yang mengandung magis itu. Hebatnya lagi sebagian besar adegan film Harry Potter diambil di sebuah studio di London, Inggris yang bernama Leavesden.

Sejak tahun 2000 sampai 2010, studio yang terletak sekitar 20 kilometer dari kota London ke arah barat laut ini menjadi rumah bagi banyak adegan penting dalam film tersebut.

[Gambas:Instagram]

Praha, Republik Ceko

Meski sebagian besar orang di dunia pernah mendengar tentang Hollywood dan Bollywood, namun tidak banyak yang tahu jika Republik Ceko memiliki sebuah studio film kelas dunia bernama Barrandov.

Beberapa film ternama seperti Casino Royale, Van Helsing, The Bourne Identity, hingga La Vie en Rose, menggunakan Barrandov sebagai lokasi untuk mengambil adegan monumentalnya.


New York, Amerika Serikat

Sebagai kutub industri film, Amerika Serikat ternyata memiliki tempat untuk mengabadikan karya film. Tempat itu bernama Museum of the Moving Image.

Dalam museum ini, para pengunjung dapat melihat detil seperti apa pergerakan di dalam dunia perfilman. Mulai dari fase pre produksi, hingga post produksi.

[Gambas:Instagram]

Turin, Italia

Layaknya Museum of the Moving Image di New York, Amerika Serikat, Italia juga memiliki tempat serupa yang bernama Museo Nazionale del Cinema.

Ada sekitar 1,8 juta artefak terkait perfilman yang dipajang di tempat ini, meliputi poster, hingga benda-benda peninggalan film yang mengharumkan nama Italia.

[Gambas:Video CNN] (agr)