Mendulang Manfaat Kesehatan dari Pare

CNN Indonesia | Senin, 18/03/2019 09:02 WIB
Mendulang Manfaat Kesehatan dari Pare Ilustrasi pare. (Pixabay/VitaminaMov)
Jakarta, CNN Indonesia -- Momordica charantia alias pare diingat sebagai jenis sayuran yang memiliki rasa pahit. Namun, jika diolah dengan benar, sayuran itu akan menanggalkan rasa pahit dan bisa digunakan sebagai campuran aneka masakan sehat.

Mengutip NDTV, dalam 100 gram pare terkandung 34 kalori dengan 13 miligram sodium, 602 gram potasium, 7 gram karbohidrat, dan 3,6 gram protein.

Selain itu, pare juga mengandung mineral penting seperti zat besi, fosfor, magnesium, dan kalsium, serta beragam vitamin.


Dari beragam kandungan yang ada di dalamnya, pare mendulang berbagai manfaat kesehatan seperti berikut.

1. Kontrol gula darah
Konsumsi pare dapat bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah. Pare mengandung komponen seperti insulin yang membantu mengubah glukosa menjadi energi. Pare pun membantu tubuh mempertahankan nutrisi yang diserap dari makanan agar tidak terkonversi menjadi gula lalu masuk ke aliran darah.

Meski memiliki manfaat untuk mengontrol gula darah, pare tidak diakui sebagai bagian dari terapi pengobatan pre-diabetes atau diabetes. Mengutip Healthline, beberapa penelitian yang melihat hubungan antara pare dan diabetes masih perlu riset lanjutan.

2. Dukung kesehatan jantung
Konsumsi pare bisa menyehatkan jantung. Mengutip Very Well Health, sebuah studi yang dipublikasikan di Nutrition Research (2013) menemukan bahwa binatang yang menjalani diet dengen ekstrak pare mengalami penurunan kadar kolesterol.

3. Cegah masalah kulit
Anda bisa memiliki kulit bebas masalah dengan mengonsumsi pare. Sayuran satu ini mampu membersihkan darah sehingga kulit jauh dari jerawat.

Kandungan vitamin C pada pare punya kekuatan sebagai antioksidan sehingga bisa memperlambat munculnya tanda penuaan. Selain itu, kulit bisa terlindungi dari kerusakan akibat sinar ultraviolet.

Konsumsi jus pare secara teratur bisa membantu mengobati infeksi kulit seperti eksim dam psoriasis.

4. Bantu turunkan berat badan
Pare baik dikonsumsi meski Anda sedang menjalani program penurunan berat badan. Sayuran satu ini rendah kandungan kalori, lemak, dan karbohidrat. Tubuh bisa merasa kenyang tanpa takut naik berat badan.

Studi pada 2010 yang terbit di jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine menyebut, ekstrak pare membantu menghilangkan sel lemak dan juga mencegah pembentukan sel lemak baru.

5. Bersihkan organ hati
Terkadang, sebuah pesta tak lengkap tanpa alkohol. Namun, ada baiknya jika Anda meminum jus pare untuk menghilangkan alkohol yang bersarang di organ hati. Pare terbukti mampu melindungi hati dengan menguatkan aktivitas antioksidan pada enzim hati.

6. Mengembalikan kilau rambut
Jus pare tak hanya bisa diminum, tetapi juga dijadikan masker untuk rambut. Kandungan vitamin A, C, biotin, dan zinc mampu mengembalikan kilau dan kelembapan rambut.

Mengaplikasikan pare pada kulit kepala bisa mengurangi kerontokan, uban, rambut bercabang dan kasar, ketombe, serta rasa gatal. Cukup bubuhkan pada kulit kepala dan pijat sebentar. (els/asr)