Studi: Mencuci Piring Bisa Jadi Pelepas Stres

CNN Indonesia | Jumat, 01/03/2019 14:09 WIB
Studi: Mencuci Piring Bisa Jadi Pelepas Stres Cuci piring (Istockphoto/gilaxia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mencuci piring adalah salah satu pekerjaan rumah tangga yang banyak dihindari. Tangan basah berlumur sabun cuci belum lagi harus membersihkan sisa makanan di piring membuat pekerjaan ini malas dilakukan.

Namun daripada terus-terusan berpikir tentang bagaimana cara untuk menghindari pekerjaan ini, lebih baik memikirkan efek positif mencuci piring. Adakah efek positif mencuci piring?

Sebuah penelitian dari Florida State University mengungkapkan bahwa mencuci piring bisa membantu menurunkan tingkat stres. Namun dengan catatan, semua ini harus dilakukan dengan penuh kesadaran.


Dalam studi tersebut, peneliti melakukan uji coba pada 51 orang siswa. Sebelum mereka mencuci piring, setengah kelompok siswa membaca sebuah paragraf panjang tentang perintah mencuci piring dengan penuh perhatian. Sedangkan sebagian lainnya diminta membaca paragraf pendek.


Pada intinya, penelitian menyebutkan bahwa kutipan perintah itu berfungsi untuk membuat fokus seseorang tertuju pada tugas yang dilakukannya.

Penelitian tersebut menuliskan bahwa saat mencuci piring, orang hanya harus benar-benar menyadari fakta bahwa dia sedang mencuci piring.

"Awalnya mungkin itu terdengar agak konyol. Itu kan hanya hal sederhana? tapi justru itu intinya," tulis peneliti dikutip dari Martha Stewart. 

"Fakta bahwa saya berdiri di sana dan mencuci adalah sebuah kenyataan. Saya sepenuhnya jadi diri saya sendiri, sadar sakan kehadiran, dan sadar akan pikiran dan tindakan saya."

Para peneliti menemukan bahwa orang yang mencuci piring dengan sadar bisa mendapatkan perasaan damai sebesar 25 persen, menurunkan tingkat kegugupan sampai 27 persen. Sedangkan kelompok yang tak mencuci piring dengan sadar misalnya sambil melamun, tak akan mendapat manfaat dari tugas tersebut.


Kondisi sadar yang dimaksud oleh peneliti adalah fokus pada mencium aroma sabun, merasakan suhu air, dan menyentuh piring dengan sadar penuh.

Peneliti menyimpulkan bahwa tergantung pada kontrol kondisi seseorang, mencuci piring bisa membuat seseorang berpikiran lebih positif, meningkatkan kewaspadaan, mengurangi pikiran negatif.

Hanya saja, penelitian ini masih memiliki lingkup yang sangat kecil. Penelitian masih butuh penelitian lanjutan dalam skala yang lebih besar. (chs)