Menanti Jalur Sepeda Baru di Amerika Serikat

CNN Indonesia | Selasa, 26/02/2019 20:21 WIB
Menanti Jalur Sepeda Baru di Amerika Serikat Capital Crescent Trail, salah satu jalur sepeda favorit di Amerika Serikat. (Istockphoto/leightrail)
Jakarta, CNN Indonesia -- Amerika Serikat tak melulu perkara hiburan dan wisata yang bersifat buatan. Setelah menambah sebuah taman nasional, kini Negeri Paman Sam akan memiliki jalur baru untuk para pecinta sepeda.

Jalur baru itu dinamakan Great American Rail Trail, yang akan melintasi 12 negara bagian, termasuk Washington DC, atau membentang sejauh 6.400 kilometer dari timur ke barat.

Mengutip Coastal Living, Selasa (26/2), jalur ini akan menyerupai The Grand Sentier de la Cote Bleue di Prancis, atau The Route of the Parks of Patagonia di Chile.


Beberapa objek wisata yang akan dilewati oleh para pesepeda yang menempuh jalur Great American Rail Trail adalah Capital Crescent Trail, Chesapeake & Ohio Canal National Historical Park, the Panhandle Trail, the Hennepin Canal Parkway, the Casper Rail Trail, dan Cascades State Park Trail.

Lonely Planet menulis bahwa ide untuk 'menciptakan' jalur tersebut sudah ada sejak 30 tahun lalu, namun perusahaan yang fokus menggarap jalur sepeda di Amerika Serikat, Rails-to-Trails Conservancy (RTC), perlu pertimbangan yang matang sebelum membuka jalur.

Awalnya RTC melakukan survei selama 18 bulan untuk uji kelayakan jalur.

Dari 28,9 ribu kilometer yang disurvei, kini hanya tersisa 6.400 kilometer yang menjadi jalur resmi Great American Rail Trail.

[Gambas:Instagram]

Presiden RTC, Keith Laughlin, menuturkan kini jalur tersebut sudah rampung lebih dari 50 persen. Menurutnya Great American Rail Trail bisa dinikmati oleh para wisatawan saat musim semi 2019.

"Rencananya jalur ini bisa melayani 50 juta orang yang ingin merasakan sensasi melintasi Amerika Serikat dari timur ke barat. Great American Rail Trail adalah harta karun baru Amerika Serikat," ujar Keith.

[Gambas:Video CNN]

(agr/ard)