Menu ala Hanoi dan Amerika, Makan Malam Kim Jong Un-Trump

CNN Indonesia | Rabu, 27/02/2019 19:39 WIB
Menu ala Hanoi dan Amerika, Makan Malam Kim Jong Un-Trump Kim Jong Un dan Donald Trump. (REUTERS/Leah Millis)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat Donald Trump dilaporkan akan bertemu empat mata dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sebelum makan malam hari ini (27/2). Trump pun dikabarkan sangat menantikan jamuan makan malam besar di Hanoi, Vietnam

Akan tetapi tentu ia harus melewati makan siang terlebih dahulu. Trump bakal menikmati makan siang bersama Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Xuan Phuc. Ada beberapa jenis menu yang siap memuaskan perut Trump baik menu khas Hanoi maupun sajian bergaya Barat. 

Sebagai pembuka, mereka bakal menikmati "salad mangga hijau parut segar dengan kerang, daun mint dan kacang mede disajikan dalam saus vinaigrette (saus salad terdiri dari campuran satu jenis minyak dan sesuatu yang asam seperti perasan lemon atau cuka) manis," tulis Gedung Putih dalam sebuah pernyataan dikutip dari AFP.


Appetizer ini cukup menyegarkan mengingat bahan dasarnya berupa mangga yang masih hijau atau mangga muda. Selanjutnya, Trump akan menikmati lumpia goreng dan daging kepiting dan bayam dalam kaldu yang terbuat dari seafood. 


Cha Ca, hidangan khas Hanoi berupa ikan goreng renyah tak akan terlewat. Sang tuan rumah pun tak akan lupa untuk memadukan dengan hidangan khas Barat lewat daging sapi Wagyu panggang dengan foie gras dan saus beras hitam yang difermentasi. 

Sedangkan hidangan sayur berupa tumis sayuran 'su su' alias labu siam (batang dan daunnya) dengan bawang putih serta ketan kukus dengan udang yang dibungkus dengan daun teratai. 

Jamuan makan siang pun akan ditutup dengan dessert berupa sup manis dengan isian biji teratai, kelengkeng, dan jamur kuping putih.

Cha ca thang longFoto: Istockphoto/Nicolas McComber
Cha ca thang long
(els/chs)