Tanggal Merah 2019 dan Daftar Hari Libur Nasional

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 28/02/2019 16:06 WIB
Tanggal Merah 2019 dan Daftar Hari Libur Nasional Ilustrasi berlibur. Di Tahun 2019 ini ada banyak tanggal merah atau libur nasional yang bisa dimanfaatkan untuk mengambil cuti. (Leon Neal/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bagi Anda yang sedang merencanakan perjalanan atau liburan, melihat daftar tanggal merah atau hari libur nasional 2019 tentu wajib dilakukan. Menyesuaikan tanggal cuti di antara tanggal merah adalah salah satu trik untuk mendapatkan 'libur panjang'.

Selain itu referensi tanggal merah atau hari libur nasional juga diperlukan jika Anda ingin memesan tiket pesawat, kereta api, atau hotel untuk liburan Anda.

Apalagi tahun 2019 ini masih tersisa 10 bulan. Ada banyak momen yang bisa Anda manfaatkan untuk mengambil cuti dan memanfaatkan tanggal merah.


Mengambil cuti, rehat sejenak, atau liburan sendiri memiliki arti penting. Ibarat mesin, manusia memerlukan 'perawatan' kecil yaitu pada libur akhir pekan dan 'perawatan besar' yaitu cuti.

Berlibur tidak hanya bisa membuat perasaan lebih baik tetapi juga membantu untuk mengendalikan emosi, menurunkan tekanan darah, memperkuat hubungan dengan orang terdekat serta bisa menjaga kesehatan.

Menurut psikolog, cuti juga memiliki fungsi ganda baik bagi karyawan dan perusahaan.

Bagi karyawan, cuti bisa membuat performa meningkat setelah penat akibat stres pekerjaan. Peningkatan produktivitas ini dinilai dapat menguntungkan karyawan karena mendorong penilaian positif dari perusahaan.

Sementara bagi perusahaan, kondisi kesehatan mental dan produktivitas yang terjaga berkat karyawan yang mengambil cuti juga akan membantu mencapai target produksi. Selain itu juga meminimalisir biaya klaim kesehatan hingga rekrutmen.

Berikut tanggal merah atau hari libur nasional yang tersisa pada 2019 ini:

Maret
7 Maret (Kamis) - Hari Raya Nyepi

April
3 April (Rabu) - Isra Miraj
19 April (Jumat) - Wafat Isa Almasih

Mei
1 Mei (Rabu) - Hari Buruh Internasional
19 Mei (Minggu) - Waisak
30 Mei (Kamis) - Kenaikan Isa Almasih

Juni
1 Juni (Sabtu) - Hari Lahir Pancasila
5-6 Juni (Rabu dan Kamis) - Idul Fitri

Agustus
11 Agustus (Minggu) - Idul Adha
17 Agustus (Sabtu) - Kemerdekaan Indonesia

September
1 September (Minggu) - Tahun Baru Islam

November
10 November (Minggu) - Maulid Nabi

Desember
25 Desember (Rabu) - Natal