Cara Sederhana Membuat Pouch Daur Ulang Plastik

CNN Indonesia | Jumat, 01/03/2019 18:29 WIB
Cara Sederhana Membuat Pouch Daur Ulang Plastik Pouch yang dibuat dari daur ulang kantung plastik. (CNN Indonesia/Dwiarti Fauziah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gerakan eco-friendly kian gencar digembor-gemborkan. Tengok saja deretan selebgram yang mulai mengampanyekan setop penggunaan plastik. Sedotan dan tumbler non-plastik yang bisa digunakan berulang-ulang juga tampak booming.

Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun. Sebanyak 24 persen di antaranya masih tidak terkelola. Artinya, sekitar 15 juta ton sampah mengotori ekosistem dan lingkungan lantaran tak ditangani.

Angka ini bisa dibilang cukup fantastis. Tentu kita tak ingin Bumi semakin rusak dengan terus menumpuknya sampah plastik setiap hari.


Dengan sebuah langkah kecil, Anda bisa ikut berkontribusi memperpanjang umur Bumi agar kelak anak dan cucu bisa tinggal dengan nyaman.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi sampah plastik. Mulai dari menggunakan tumbler, belajar mengompos sampah organik, hingga mengurangi penggunaan plastik. Atau, Anda juga bisa mendaur ulang plastik bekas menjadi barang layak fungsi seperti pouch.

"Dengan cara ini, nilai jual barang hasil daur ulang bisa naik," ujar pendiri Kertabumi, komunitas yang bergerak di bidang eco-friendly.

Tak sulit, beberapa alat yang diperlukan cukup mudah ditemukan. Anda hanya perlu menyediakan kantong plastik, bubblewrap, kertas roti atau kertas minyak, setrika, penggaris, gunting, ritsleting, mesin jahit, dan benang jahit.

Berikut langkah sederhana untuk membuat pouch dari sampah plastik versi Kertabumi.

1. Gunting ujung atas, bawah, dan samping kantong plastik untuk memisahkan dari sambungannya hingga menjadi lembaran plastik lebar berbentuk persegi panjang.

2. Lipat kantong plastik yang sudah digunting menjadi dua bagian sama rata. Lalu, selipkan bubblewrap di antaranya.

3. Panaskan setrika dalam suhu maksimal.

4. Bungkus plastik yang telah dilipat dengan kertas roti atau kertas minyak. Kertas roti berfungsi untuk menahan panas setrika agar tidak langsung mengenai plastik. Hal ini juga akan mencegah plastik meleleh akibat suhu panas setrika.

5. Tekan setrika di atas kertas roti, geser dengan arah vertikal atau horizontal sesuai selera sampai bubblewrap menyatu penuh dengan plastik dan menciptakan bola yang menyerupai kulit sintetis.

6. Setelahnya, buatlah pola persegi dengan panjang 35 sentimeter dan lebar 22 sentimeter.

7. Gunting plastik tadi sesuai dengan pola yang telah dibuat.

8. Lipat plastik di bagian tengah hingga setiap bagian sama besar. Lalu, jahit ritsleting di masing-masing ujung.

9. Balik jahitan dan jahit ujung-ujung plastik dengan hati-hati.

10. Voila! Upcycling pouch buatan Anda sendiri pun bisa digunakan. (fau/asr)