Kalahkan Italia, Spanyol Jadi Negara Tersehat di Dunia

CNN Indonesia | Senin, 04/03/2019 13:46 WIB
Kalahkan Italia, Spanyol Jadi Negara Tersehat di Dunia Ilustrasi Spanyol (AFP PHOTO / JAIME REINA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Spanyol dinobatkan jadi negara paling sehat di dunia. Negeri Matador ini berhasil menyabet gelar negara tersehat dengan mengalahkan Italia yang sebelumnya menyandang gelar negara tersehat pada 2017.

Spanyol sukses naik lima peringkat menjadi negara tersehat di dunia pada tahun 2019 versi Indeks Negara Tersehat (Healthiest Country Index) Bloomberg. Indeks ini mengurutkan kondisi kesehatan 169 negara di seluruh dunia berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Bank Dunia.

Di posisi kedua dan ketiga berturut-turut di tempati oleh Italia dan Islandia. Di tempat keempat ada Jepang, yang sekaligus menjadikan negeri Sakura ini sebagai negara tersehat di Asia. Wakil Asia Tenggara, Singapura, bercokol di posisi kedelapan. Indonesia bahkan tak masuk 56 besar.


Indeks ini mempertimbangkan angka harapan hidup dan faktor gaya hidup seperti penggunaan tembakau dan obesitas. Faktor lingkungan seperti akses terhadap air bersih dan sanitasi juga dihitung.

Berdasarkan data WHO, Spanyol memiliki harapan hidup tertinggi saat lahir di antara negara-negara Uni Eropa. Ia hanya tertinggal dari Jepang dan Swiss secara global.

Menurut Institute for Health Metrics and Evaluation dari University of Washington, pada 2040, orang Spanyol bahkan diperkirakan memiliki harapan hidup tertinggi mencapai hampir 86 tahun. Angka itu disusul Jepang, Singapura, dan Swiss.

Masyarakat Spanyol juga mendapatkan perawatan kesehatan primer yang berkualitas. Selain itu, pola makan yang sehat menjadi faktor yang membuat Spanyol dan Italia menempati posisi negara paling sehat di dunia.

Berikut 10 negara paling sehat di dunia versi Bloomberg Healthiest Country Index, dikutip dari situs Bloomberg.

1. Spanyol
2. Italia
3. Islandia
4. Jepang
5. Swiss
6. Swedia
7. Australia
8. Singapura
9. Norwegia
10. Israel (ptj/asr)