Alternatif Pengganti Kantong Plastik saat Berbelanja

CNN Indonesia | Selasa, 05/03/2019 12:48 WIB
Alternatif Pengganti Kantong Plastik saat Berbelanja Ilustrasi kantong plastik (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah toko ritel menerapkan kebijakan kantong plastik berbayar. Kebijakan ini diberlakukan untuk menekan penggunaan kantong plastik yang semakin tinggi.

Namun, tak perlu khawatir, kantong plastik dapat diganti dengan beragam alternatif yang lebih hemat dan ramah lingkungan.

"Ini merupakan aksi atau upaya nyata mengurangi penggunaan plastik karena pemusnahannya susah dan tidak bisa terurai begitu saja secara biologis," kata pengamat lingkungan dari Universitas Indonesia Budi Haryanto kepada CNNIndonesia.com, Selasa (3/5).


Menurut Budi, ada banyak alternatif yang dapat digunakan sebagai pengganti kantong plastik saat berbelanja. Ini merupakan bentuk tanggung jawab sekaligus pembelajaran bagi masyarakat untuk mengubah perilaku agar lebih peduli pada lingkungan.

"Selama ini masyarakat Indonesia termanjakan oleh kantong keresek. Sekarang saatnya mengubah perilaku, ada banyak tas yang bisa disiapkan dari rumah dan dipakai kembali," ucap Budi.

Salah satu alternatif pengganti kantong plastik adalah tas berjenis tote bag yang terbuat dari kain, kanvas, atau plastik. Tas jenis ini dapat dilipat dan disimpan, dan digunakan kembali.

Tote bag juga lebih kuat ketimbang kantong plastik dalam mengangkut barang belanjaan. Beragam tote bag dengan aneka corak banyak tersedia dengan harga murah, tinggal dipilih sesuai selera.

Selain tote bag, Anda juga dapat menggunakan tas yang terbuat dari anyaman untuk membawa barang belanjaan. Tas ini populer digunakan untuk berbelanja di pasar tradisional dan kini kembali menjadi tren.

"Sebelum ada kantong plastik, orang berbelanja dengan membawa tas dari anyaman ke pasar tradisional. Ini bisa digunakan kembali," ujar Budi. (ptj/asr)


ARTIKEL TERKAIT