Pewaris L'Oreal Jadi Wanita Terkaya di Dunia versi Forbes

CNN Indonesia | Rabu, 06/03/2019 11:32 WIB
Pewaris L'Oreal Jadi Wanita Terkaya di Dunia versi Forbes Pewaris L'Oreal Francoise Bettencourt Meyers jadi wanita terkaya di dunia versi Forbes. (REUTERS/Regis Duvignau)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pewaris L'Oreal menjadi wanita terkaya di dunia versi Forbes dengan kekayaan sebesar US$49,3 miliar atau setara dengan Rp696,26 triliun.

Dalam keseluruhan daftar, Francoise Bettencourt Meyers menjadi orang terkaya ke-15 di dunia. Dia berdiri memimpin deretan wanita terkaya dalam daftar Forbes World Bollionaires 2019 yang diterbitkan pada Selasa (5/3).

Cucu dari pendiri L'Oreal, Eugene Schueller, ini memulai debutnya dalam daftar miliarder setelah kematian sang ibu, Liliane Bettencourt, pada September 2017. Sebagaimana diketahui, nama Liliane selalu tercantum dalam daftar sejak Forbes pertama kali menerbitkannya pada 1987 silam.


Kekayaan Bettencourt Meyers meningkat sebesar US$7,1 miliar (Rp24,1 triliun) atau 17 persen sejak tahun lalu berkat performa tinggi penjualan raksasa makeup di dunia. Dia diketahui memiliki saham sebesar 33 persen di dalamnya.

Forbes mencatat, diprediksi sebesar 90 persen kekayaannya terkait dengan saham perusahaan yang mencatat pertumbuhan penjualan terbaik selama lebih dari satu dekade dengan total pendapatan mencapai US$30,6 miliar (Rp432,16 triliun). Pendapatan L'Oreal di Asia Pasifik melonjak hingga 20 persen. Lonjakan itu didorong oleh China sebagai konsumen terbesar melampaui Amerika Utara.

Kini, Bettencourt Meyers menetap di Paris, Prancis. Dia memimpin yayasan filantropi, Bettencourt Schueller Foundation, yang mendorong kemajuan Prancis dalam sains dan seni. Yayasan itu melibatkan diri dalam sejumlah proyek ilmu sains, sosial, dan kesenian tradisional. Yayasan ini juga pernah mendukung sebuah penelitian terkait neuron untuk membantu anak-anak autis di Prancis.

Tak hanya itu, Bettencourt Meyers juga diketahui melakoni profesinya sebagai seorang menulis. Dia menelurkan sejumlah buku yang berkisah tentang dewa-dewa Yunani.

Meski 2019 adalah tahun pertama bagi Bettencourt Meyers masuk dalam daftar Forbes, tapi namanya tak asing lagi di dunia itu. Pada tahun lalu, Bettencourt Meyers secara mendadak mengalahkan Alice Walton--wanita terkaya 2018--hanya beberapa hari setelah Forbes merilis daftar tahunan.

Sang ibu, Liliane Bettencourt, menghabiskan sebagian besar hidupnya di L'Oreal hingga akhir hidupnya. Selama 14 tahun pertama daftar Forbes dirilis, Liliane hampir selalu berada di posisi puncak.
Namun, setelah tahun 2001, posisinya diambil alih oleh beberapa wanita seperti para putri pendiri Walmart Sam Walton, Alice Walton, dan Helen Walton. Liliane kembali merebut posisi puncaknya pada tahun 2006. Setelahnya, dia dan Christy Walton secara bergilir bergantian memegang gelar 'wanita terkaya' selama sisa dekade terakhir. (asr)