Manfaat Kesehatan dari Susu Kayu Manis

CNN Indonesia | Jumat, 08/03/2019 10:06 WIB
Manfaat Kesehatan dari Susu Kayu Manis Ilustrasi kayu manis (morgueFile/wutu)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kayu manis dikenal dengan aroma khas hutannya yang menenangkan. Rasa manis yang dimiliki rempah-rempah satu ini juga dikenal alami dan lebih sehat sebagai pemanis, apalagi jika dipadukan dengan susu.

Kayu manis kaya akan kalsium, serat, vitamin B6, magnesium, zat besi, vitamin A, karbohidrat, dan vitamin C. Ia juga dikenal kaya antioksidan serta memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi. Kayu manis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sementara susu dikenal kaya akan kandungan kalsium, magnesium, kobalamin, kalium, natrium, dan karbohidrat.


Dengan kondisi itu, tak heran jika susu kayu manis banyak digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Menambahkan sedikit kayu manis pada makanan atau minuman tak cuma menambah kekayaan rasa, tapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Namun, kayu manis harus dikonsumsi dalam jumlah terbatas. Konsumsi berlebih dapat berujung pada serangkaian efek samping yang dihasilkan.

Merangkum berbagai sumber, berikut manfaat dari susu kayu manis untuk kesehatan.

1. Painkiller
Daripada meredakan rasa sakit dengan serangkaian obat, ada baiknya Anda mencoba cara alami dengan susu kayu manis.

Mengutip Dailyhunt, susu kayu manis dikenal sebagai pembunuh rasa sakit alami. Saat kayu manis dikonsumsi dengan susu hangat, rasa sakit akan hilang dengan cepat.

Hal itu terjadi akibat reaksi kayumanis dengan prostagladin. Reaksi ini membantu relaksasi otot-otot di bawah tekanan.

2. Mengontrol diabetes
Biasakan mengonsumsi susu kayu manis sekali dalam sehari secara rutin. Hal ini mampu mencegah diabetes tipe-2 yang dibuktikan dalam sejumlah penelitian.

3. Melawan insomnia
Jika Anda mengalami insomnia, lawan dengan segelas susu kayu manis sebelum tidur. Minuman hangat itu akan membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas sepanjang malam.

Kayu manis dikenal dengan kemampuannya melemaskan saraf yang membuat Anda dapat tidur dengan tenang.

4. Mengobati sakit tenggorokan
Sifat antiinflamasi yang dimiliki kayu manis dapat membuat rasa sakit dalam tenggorokan mereda.

5. Meningkatkan kesehatan mulut
Kayu manis mengandung minyak esensial yang melindungi mulut dari bakteri penyebab bau, gigi berlubang, dan infeksi.

Mengutip Boldsky, sejumlah penelitian menyebutkan bahwa sifat antibakteri yang dimiliki kayu manis ampuh memerangi bakteri mulut.

6. Melindungi jantung
Kayu manis disebut mampu mengurangi faktor risiko penyakit jatung dengan menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi.

7. Memperkuat tulang
Mengonsumsi susu kayu manis setiap hari ampuh membuat tulang lebih kuat dan sehat. Pasalnya, susu dan kayu manis memiliki kandungan kalsium dalam jumlah yang baik. 100 gram kayu manis mengandung 1.002 mg kalsium dan 100 gram susu mengandung 125 mg kalsium.

Kalsium sendiri diketahui berperan penting dalam pemeliharaan tulang yang kuat, melindungi otot, dan membantu penyerapan mineral lain dengan lebih baik. (asr/asr)