'Melenyapkan' Turis Secara Instan dengan Aplikasi

CNN Indonesia | Senin, 11/03/2019 13:15 WIB
'Melenyapkan' Turis Secara Instan dengan Aplikasi Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mengunjungi sebuah tempat wisata yang diidam-idamkan adalah salah satu harapan sebagian besar orang. Namun sayangnya harapan tidak selalu menyenangkan karena ada saja hal yang 'merusaknya', dalam hal ini hadirnya gerombolan wisatawan lain bisa menjadi malapetaka.

Impian bisa intim menikmati pemandangan, bisa seketika buyar saat rombongan wisatawan lainnya berlalu lalang. Hingga keinginan untuk mengabadikan tempat tersebut sebagai sebuah objek dengan teknik long exposure pun pupus seketika.

Long exposure adalah teknik yang lumrah dilakukan di dunia fotografi, khususnya saat ingin mendapatkan foto lanskap yang apik dan dramatis.


Mengutip lonelyplanet, Senin (11/3), sebuah aplikasi fotografi untuk iOS bernama Spectre memungkinkan untuk melakukan teknik long exposure meskipun keadaannya sedang ramai.

Bahkan aplikasi tersebut memungkinkan orang untuk melakukan teknik long exposure tanpa menggunakan tripod. Hal ini memungkinkan karena menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI).

Misalnya seorang wisatawan ingin memotret pantai, maka aplikasi tersebut akan memindai pantai dan ombaknya secara detil. Singkat kata, objek yang diutamakan oleh aplikasi ini adalah panorama secara keseluruhan dan mengabaikan kehadiran objek lain.

Bagi para 'pemuja' instagram, aplikasi jelas sangat membantu untuk memberi makan akunnya.

Tak heran jika baru beberapa hari dirilis, aplikasi ini sudah berhasil masuk ke papan atas di iOS. Namun aplikasi ini tidak gratis, pengguna harus membayar sekitar US$2 (atau sekitar Rp28 ribu) untuk masa berlaku yang terbatas.

[Gambas:Video CNN] (agr)