Jadwal Berwisata Alam di Australia Barat

CNN Indonesia | Senin, 11/03/2019 17:20 WIB
Jadwal Berwisata Alam di Australia Barat Musim mekar bunga liar di Pilbara, Australia Barat. (Istockphoto/J_Knaupe)
Jakarta, CNN Indonesia -- Australia Barat bukan cuma pantai, karena wisata alamnya juga tak kalah menarik untuk dinikmati.

Dikutip dari situs resmi Badan Pariwisata Australia Barat, ada sejumlah kegiatan wisata alam yang bisa dilakukan turis di sini, mulai dari menikmati musim mekar bunga liar, musim mekar jamur truffle, fenomena 'staircase to the moon', sampai menyaksikan migrasi hewan.


Bunga Liar


Australia Barat merupakan habitat bunga liar terbesar di dunia. Sekitar 12 ribu jenis bunga liar tumbuh di sini, atau sekitar 60 persen bunga liar yang ada di dunia.

Musim mekar bunga liar di kawasan utara seperti Pilbara, Goldfields dan Coral Coast berlangsung mulai dari Juni sampai Juli.

Sementara musim mekar bunga liar di kawasan selatan berlangsung pada September.

[Gambas:Instagram]

Lalu musim mekar di kawasan barat berlangsung mulai dari Oktober sampai November.

Patut dicatat bahwa turis dilarang memetik dan merusak hamparan bunga liar di kawasan yang didatangi. Denda ribuan dolar Australia menanti mereka yang bertangan usil.

Jangan pula memaksa masuk kawasan yang tidak dibuka untuk umum, seperti kebun canola yang biasanya dimiliki warga sekitar.


Jamur Truffle

Selain musim mekar bunga liar, Australia Barat juga memiliki musim panen jamur truffle.

Musim panen jamur termahal di dunia ini berlangsung mulai dari Juni sampai September. Ada acara "berburu" truffle yang seru di kawasan Manjimup yang bisa diikuti turis.

Ilustrasi kegiatan berburu Jamur Truffle. (REUTERS/Stefano Rellandini)

Migrasi Hewan


Australia Barat mengalami musim semi mulai dari September, Oktober sampai November.

Roebuck Bay di Broome menjadi lokasi yang pas untuk menikmati pemandangan migrasi ribuan burung yang membentuk formasi 'V'. Mereka terbang menuju Arktik untuk berkembang biak.

Ilustrasi migrasi burung. (rihaij/Pixabay)

Sementara itu migrasi paus dapat disaksikan di pesisir Kimberley mulai dari Mei sampai Desember.

Lalu pada Januari sampai Maret di Bremer Bay Canyon turis bisa menyaksikan kawanan paus pembunuh yang berenang bergerombol.

Untuk berinteraksi dengan kawanan hewan laut sepanjang tahun, turis bisa mendatangi Coral Bay di Coral Coast yang menjadi habitat ikan pari.

Penggemar penyu bisa berkunjung ke Ningaloo Reef sepanjang Desember sampai Februari. Di masa tersebut kawanan penyu akan bertelur, lalu telurnya akan menetas, dan tukik-tukik imut itu akan berjuang kembali ke lautan.

[Gambas:Instagram]

Bulan Maret dan Oktober disebut sebagai masa cerah langit Australia Barat.

Fenomena 'Staircase to the Moon' atau tangga menuju bulan bisa disaksikan di kawasan pesisir seperti Roebuck Bay, Onslow, Dampier, Cossack, Point Samson, Hearson's Cove atau Port Hedland.


Bagi turis asal Indonesia, jangan lupa untuk mengajukan permohonan Visa Turis ke Australia. Biayanya Rp1,5 jutaan per orang.

Pengajuan Visa Turis ke Australia bisa dilakukan di kantor VFS Global Jakarta, Bali atau Surabaya.

Dari Indonesia, ada penerbangan ke ibu kota Australia Barat, Perth, setiap harinya.

Selain Jakarta, penerbangan ke Perth juga dilayani dari Denpasar (Bali), Surabaya, Lombok (NTB) dan Medan.

Harga tiket pulang perginya mulai dari Rp2,5 jutaan per orang.

Bagi Anda yang ingin mengetahui selengkapnya soal wisata-wisata alam di Australia Barat lainnya Anda bisa memeriksanya di sini.


(agr/ard)