Cara Mengetahui Jenis Pesawat yang Hendak Dinaiki

CNN Indonesia | Rabu, 13/03/2019 13:05 WIB
Cara Mengetahui Jenis Pesawat yang Hendak Dinaiki Pesawat Boeing 737 Max 8. (Foto: AP Photo/Ben Curtis)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tragedi kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines penerbangan ET302 yang jatuh tak lama setelah lepas landas dari Addis Ababa, Minggu (10/3), menewaskan 157 orang dan membuat banyak pihak termasuk wisatawan menjadi lebih berhati-hati dalam memilih pesawat.

Diketahui musibah tersebut menimpa pesawat produksi Boeing, tepatnya tipe 737 Max. Boeing 737 Max adalah sebuah keluarga baru pesawat penumpang sipil (airliner) yang sedang dikembangkan oleh Boeing untuk menggantikan keluarga Boeing 737 Next Generation.

Kekhawatiran ini bukan tanpa alasan, sebelumnya pada 29 Oktober 2018, Lion Air Penerbangan 610, yang menggunakan pesawat Boeing 737 MAX 8, jatuh di perairan Laut Jawa setelah 13 menit lepas landas dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Indonesia. Insiden ini menewaskan 189 orang.


Mengutip the new york times, Rabu (13/3), pesawat jenis ini telah dijual ke beberapa maskapai tersohor di dunia seperti Air China, Alaska Airlines, Icelandair, Korean Air, Malaysia Airlines, Qatar Airways, SilkAir, Turkish Airlines, United Airlines, Virgin Airlines, dan masih banyak lagi.

Sementara di Indonesia, ada tiga maskapai yang menggunakan pesawat jenis ini yaitu Garuda Indonesia, Lion Air, dan Sriwijaya Air.

Banyaknya maskai di dunia yang memilih pesawat jenis ini, bukan tanpa alasan. Boeing mengklaim 737 MAX membakar bahan bakar 16 persen lebih rendah dari Airbus A320 saat ini, dan empat persen lebih rendah dari Airbus A320neo.

Tiga varian dari keluarga MAX adalah 737 MAX 7, 737 MAX 8 dan 737 MAX 9, yang didasarkan pada 737-700, -800 dan-900ER, masing-masing yang merupakan versi terlaris dari B737 Next-Generation. 

Namun dari sekian banyak maskapai yang menggunakan pesawat Boeing 737 Max, tidak semua armadanya menggunakan pesawat jenis itu. Hal ini jelas kabar baik bagi sebagian orang yang terlalu khawatir terbang dengan pesawat jenis itu.

Guna mengurangi kekhawatiran berlebih pada beberapa orang, ada beberapa cara untuk mengetahui jenis pesawat apa yang akan dinaiki. 

Situs seperti southwest dan seatguru, akan memberi tahu dengan detil terkait informasi penerbangan. Mulai dari lokasi tempat duduk, hingga jenis pesawat yang digunakan.

Namun, terlepas dari dua tragedi yang menimpa pesawat Boeing 737 Max, pesawat ini masih mengantongi sertifikat layak terbang dari badan otoritas penerbangan internasional.

[Gambas:Video CNN] (agr)