6 Solusi Alami Tingkatkan Daya Ingat

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 20/03/2019 17:55 WIB
6 Solusi Alami Tingkatkan Daya Ingat Meditasi menjadi salah satu cara alami tingkatkan daya ingat. (sapphire_penguin/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rutinitas harian yang kian sibuk dan padat tak pelak membuat seseorang mudah lupa. Alasan lupa bermacam-macam, mulai dari terburu-buru hingga terlalu banyak hal yang ada dalam pikiran. Itu terjadi karena adanya penurunan daya ingat dalam otak.

Meski kebiasaan lupa menjadi sesuatu yang lumrah di zaman kiwari, namun tetap saja itu menjengkelkan.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa diet dan gaya hidup menjadi salah satu faktor kunci dari menurunnya daya ingat.


Merangkum berbagai sumber, berikut beberapa cara alami untuk meningkatkan daya ingat.

1. Meditasi
Meditasi secara positif memengaruhi kesehatan dalam banyak cara. Selain menenangkan dan mengurangi stres, meditasi juga ampuh meningkatkan daya ingat.

Mengutip Very Well Mind, meditasi telah terbukti meningkatkan materi abu-abu dalam otak. Seiring bertambahnya usia, materi abu-abu menurun dan berdampak pada penurunan daya ingat.

Teknik meditasi terbukti meningkatkan memori jangka pendek pada orang-orang dari segala usia.

2. Tidur cukup
Tidur memainkan peran penting dalam konsolidasi memori, suatu proses di mana ingatan jangka pendek diperkuat dan diubah menjadi ingatan jangka panjang.

Sebuah studi mencoba melihat dampak tidur pada 40 anak usia 10-14 tahun. Mereka dibagi ke dalam dua kelompok: tidur dan tidak tidur. Hasilnya, kelompok yang mendapatkan tidur cukup memiliki daya ingat yang lebih baik.

3. Kurangi konsumsi alkohol
Sejumlah penelitian menunjukkan, kebiasaan menenggak alkohol mampu mengubah otak dan menghasilkan defisit memori.

Sebuah studi terhadap 155 mahasiswa menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi alkohol enam kali atau lebih dalam sebulan mengalami kesulitan dalam tes daya ingat.

Mengutip Healthline, alkohol menunjukkan dampak neurotoksik pada otak. Episode berulang dari kebiasaan menenggak minuman beralkohol dapat merusak hippocampus, bagian dari otak yang memainkan peran penting dalam memori.

4. Makan lebih sedikit gula
Gula berlebih dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk di antaranya penurunan fungsi kognitif. Hal tersebut ditunjukkan dalam sejumlah penelitian.

Sebuah studi yang dilakukan terhadap lebih dari 4 ribu partisipan menemukan bahwa tingginya asupan minuman manis seperti soda berdampak pada penurunan volume otak dan ingatan.

5. Konsumsi suplemen minyak ikan
Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3. Lemak ini penting untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk di antaranya memperlambat penurunan fungsi kognitif.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa konsumsi suplemen minyak ikan dapat meningkatkan daya ingat, terutama pada orang tua.

Salah satu studi yang dilakukan pada 36 orang dewasa dengan gangguan kognitif menemukan bahwa skor memori jangkat pendek kian meningkat signifikan setelah mereka mengonsumsi suplemen ikan.

6. Kurangi konsumsi karbohidrat olahan
Karbohidrat olahan seperti kue dan sereal mampu merusak daya ingat Anda. Makanan-makanan jenis ini memiliki indeks glikemik yang tinggi.

Beberapa penelitian menunjukkan, diet tinggi karbohidrat olahan, dikaitkan dengan demensia dan penurunan fungsi kognitif.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi sereal siap saji setiap pagi memiliki fungsi kognitif yang lebih buruk daripada mereka yang jarang mengonsumsi sereal. (asr/asr)


ARTIKEL TERKAIT