Finlandia Negara Paling Bahagia di Dunia, Indonesia ke-92

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 21/03/2019 13:22 WIB
Finlandia Negara Paling Bahagia di Dunia, Indonesia ke-92 Ilustrasi kota tua Finlandia (CNN Indonesia/Yohannie Linggasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Finlandia semakin mengukuhkan diri sebagai negara paling bahagia di dunia. Untuk kali kedua berturut-turut, Finlandia menempati peringkat teratas negara paling bahagia berdasarkan World Happiness Report. Indonesia harus puas di peringkat ke-92 di dunia.

World Happiness Report merupakan laporan yang dikeluarkan oleh Sustainable Development Solutions Network untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Laporan ini baru saja dikeluarkan pada Rabu (20/3) bertepatan dengan peringatan Hari Kebahagiaan Internasional.

Laporan ini memeringkatkan seluruh negara di dunia berdasarkan enam variabel kunci yang dianggap menopang kebahagiaan dan kesejahteraan. Enam variabel itu mencakup pendapatan, kebebasan, kepercayaan, harapan hidup sehat, dukungan sosial, dan kemurahan hati.


"Sepuluh negara teratas cenderung memiliki peringkat tinggi dalam enam variabel, serta ukuran emosional kesejahteraan," kata co-editor laporan, Profesor John Helliwell dari University of British Columbia, mengutip CNN.

Posisi Finlandia, disusul oleh negara Nordik lainnya seperti Denmark, Norwegia, dan Islandia di tempat kedua hingga keempat. Di posisi kelima bercokol negara Eropa lainnya yakni Belanda.

Menurut Helliwell, orang Finlandia memiliki gaya hidup yang menunjang kebahagiaan. Mereka membayar pajak tinggi untuk keamanan sosial, mereka percaya pada pemerintah, mereka hidup dalam kebebasan, dan saling bermurah hati.

"Mereka saling peduli satu sama lain. Itulah tempat yang diinginkan orang untuk hidup," ucap Helliwell.

Sementara itu, Indonesia menempati peringkat ke-92 negara paling bahagia dari 156 negara di dunia. Posisi ini setidaknya lebih baik dari tahun lalu, Indonesia menempati posisi ke-96. Indeks kebahagiaan Indonesia juga meningkat dari 5,093 menjadi 5,192

Kebahagiaan Indonesia masih kalah dibandingkan beberapa negara Asia Tenggara lainnya seperti Singapura yang menempati posisi ke-35, Thailand ke-52, Filipina ke-69, dan Malaysia ke-80.


Berikut 10 negara paling bahagia di dunia:
1. Finlandia
2. Denmark
3. Norwegia
4. Islandia
5. Belanda
6. Swiss
7. Swedia
8. Selandia Baru
9. Kanada
10. Austria

Negara yang paling tidak bahagia di dunia:
1. Sudan Selatan
2. Afrika Tengah
3. Afghanistan
4. Tanzania
5. Rwanda
6. Yaman
7. Malawi
8. Suriah
9. Botswana
10. Haiti

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)