5 Pemakaman yang Harus Dikunjungi di Paris

CNN Indonesia | Kamis, 21/03/2019 15:55 WIB
5 Pemakaman yang Harus Dikunjungi di Paris Makam Jim Morrison di Cimetiere du Pere Lachaise. (Foto: JOEL SAGET / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Untuk sebagian besar masyarakat Indonesia, pemakaman adalah tempat sakral yang identik dengan kesan seram lantaran jarang dikunjungi. Namun di belahan dunia lain, pemakaman adalah objek wisata yang kerap didatangi oleh rombongan orang dari berbagai wilayah.

Paris adalah salah satu daerah yang 'menyulap' pemakaman sebagai objek wisata. Kota yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan di dunia ini, tak hanya mengandalkan kafe atau menara Eiffel saja sebagai objek wisatanya.

Mengutip wanderlust, Kamis (21/3), berikut adalah lima pemakaman yang wajib dikunjungi saat sedang ke Paris.


1. Cimetiere du Pere Lachaise
Pemakaman seluas 44 hektare ini dibuka tahun 1804, ada setidaknya 69 ribu makam berornamen istimewa dan sekitar satu juta rang yang dimakamkan di sini. Bahkan beberapa pesohor seperti Jim Morrison (musisi) dan Edith Piaf (musisi), dimakamkan di sini. Barangkali Cimetiere du Pere Lachaise adalah pemakaman paling ramai di dunia yang menerima kunjungan wisatawan.



2. Cimetiere de Montmartre
Meskipun tidak lebih ramai dari Cimetiere du Pere Lachaise, namun pemakaman ini adalah yang paling artistik di Paris. Sebelum menjadi makam, Cimetiere de Montmartre adalah bekas tambang yang difungsikan sebagai kuburan masal prajurit Swiss yang menjadi korban revolusi Prancis.

3. Cimetiere du Montparnasse
Montparnasse adalah pemakaman yang dikenal oleh penduduk kota Paris sebagai tempat paling teduh. Pemakaman ini terletak di pusat kota Paris, namun berada di tempat ini rasanya tidak jauh berbeda dengan di taman yang menyenangkan.


4. Cimetiere de Passy
Cimetiere de Passy dibuka pada tahun 1820 atas perintah Napoleon 1, ia menginginkan sebuah pemakaman yang terletak di dekat kawasan elit Champs-Elysees. Beberapa tokoh terkenal yang dimakamkan di tempat ini adalah Claude DeBussy (komposer) dan Bao Dai (kaisar Vietnam terakhir).

5. Cimetiere de Picpus
Pemakaman ini adalah salah satu yang tergolong tersembunyi, karena terletak jauh dari hiruk pikuk kota Paris. Karena lokasinya yang cukup menyulitkan, cukup banyak wisatawan yang merasa tertantang untuk menjelajahinya.

[Gambas:Video CNN] (agr/ard)


ARTIKEL TERKAIT