Rawan Longsor, Lokasi Video Musik Justin Bieber Ditutup

CNN Indonesia | Jumat, 22/03/2019 10:14 WIB
Rawan Longsor, Lokasi Video Musik Justin Bieber Ditutup Tebing Fjaðrárgljúfur di Islandia. (Istockphoto/undefined undefined)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tebing Fjaðrárgljúfur menjadi salah satu objek wisata terpopuler di Islandia setelah Justin Bieber merekam video musiknya yang berjudul I'll Show You di sana pada tahun 2015.

Namun akibat serbuan turis, pemerintah Islandia terpaksa menutup Tebing Fjaðrárgljúfur demi kelestarian alamnya.

Dikutip dari Lonely Planet pada Kamis (21/3), pemerintah Islandia melalui Badan Lingkungan Hidup Islandia melakukan penutupan karena merasa kalau kondisi tebing semakin rapuh dan akan membahayakan turis.


Tebing yang terbentuk sejak zaman es ini bisa ditempuh dari Desa Kirkjubæjarklaustur.

Banyaknya orang dan cuaca yang lembab membuat medan menuju Tebing Fjaðrárgljúfur licin dan rawan longsor, terutama di bulan Maret sampai April, masa perubahan dari musim dingin ke musim semi.

Awalnya Badan Lingkungan Hidup Islandia akan melakukan penutupan selama dua minggu. Namun durasinya akan diperpanjang hingga 1 Juni 2019.

Selama penutupan, tim konservasi akan melakukan pembenahan rute dan perbaikan jalur yang telah rusak, seperti rumput dan pohon yang diterabas turis.

Jumlah turis yang datang ke Tebing Fjaðrárgljúfur semakin meningkat sejak video musik Bieber yang telah ditonton sebanyak 400 juta kali itu dirilis.

Sejak tahun 2017 sampai 2018, jumlah turis yang datang naik sebanyak 150 ribu menjadi 282 ribu orang.

Daníel Freyr Jónsson dari Badan Lingkungan Hidup Islandia mengatakan kalau turis yang datang kebanyakan ingin menatap langsung lokasi syuting video musik Bieber.

"Tebing ini awalnya tidak populer. Tapi semenjak Bieber syuting video musik di sini, semakin banyak orang yang datang. Jalanan juga menjadi lebih padat," kata Jónsson.

Ini adalah kali kedua Tebing Fjaðrárgljúfur ditutup untuk konservasi.

Badan Lingkungan Hidup Islandia berharap usaha konservasi berhasil dan turis dapat kembali nyaman berkunjung.

[Gambas:Video CNN]

(agr/ard)