Pelayan Down Syndrome di Atlanta Diganjar Penghargaan

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 22/03/2019 17:35 WIB
Pelayan Down Syndrome di Atlanta Diganjar Penghargaan Ilustrasi down syndrome (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Barangkali Chris Campbell tak menyangka. Hampir tiga dekade sudah dia bekerja meracik sajian paket Happy Meal di McDonald's dengan segala keterbatasannya sebagai seseorang dengan down syndrome.

Baru-baru ini Chris mendapat penghormatan dari Down Syndrome Association of Atlanta (DSAA) atas dedikasinya pada pekerjaannya di McDonald's selama 27 tahun lamanya.

"Saya senang membersihkan, mengepel, membersihkan meja, dan membuat paket Happy Meal. Saya suka paket Happy Meal," ujar Campbell pada WXIA-TV. "Setiap kali saya memberikan paket itu, orang akan bahagia."


Sebagai bagian dari kehormatan itu, Campbell menerima piala besar berbentuk bintang emas.

Sang ibu, Barbara Campbell, mengatakan bahwa Chris begitu menikmati hari-harinya sebagai pekerja restoran cepat saji. "Chris merasa mendapatkan dukungan di sana," kata dia.

Down syndrome adalah kelainan fisik dan mental yang disebabkan oleh faktor genetik sebelum bayi dilahirkan. Kondisi ini menghambat proses tumbuh kembang anak.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat ada sekitar 8 juta kasus down syndrome di dunia. Di Indonesia, lebih dari 150 ribu kasus ditemukan setiap tahunnya.

Sejak 1983, harapan hidup untuk orang dengan down syndrome mengalami peningkatan. Dari yang semula terbatas 25 tahun menjadi 60 tahun saat ini.

Direktur Eksekutif DSAA, Sheryl Arno mengatakan bahwa apa yang terjadi pada Campbell adalah bentuk perbaikan budaya dan pola pikir masyarakat terhadap orang dengan down syndrome.

"Banyak orang dengan down syndrome sulit memiliki pekerjaan," kata Arno, mengutip USA Today.

"Orang dengan down syndrome berbagi harapan dan impian yang sama dengan orang lain," tulis DSAA dalam sebuah pernyataan, mengutip Fox News. Dengan advokasi dan dukungan yang tepat, lanjut mereka, kita dapat membuat impian mereka menjadi nyata.

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)


ARTIKEL TERKAIT