Atasi Asam Urat dengan Daun Pandan

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 22/03/2019 15:04 WIB
Atasi Asam Urat dengan Daun Pandan Daun pandan punya khasiat untuk mengatasi asam urat. (Istockphoto/CHALERMCHAI THAISAMRONG)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di dunia kuliner Asia Tenggara, daun pandan termasuk daun yang populer dan digunakan nyaris untuk beragam keperluan seperti memberikan aroma khas untuk sajian makanan. 

Namun, manfaat daun pandan tak cuma terbatas pada dunia kuliner, tapi juga merambah dunia kesehatan. Salah satu khasiatnya adalah membantu mengatasi dan mengurangi gejala penyakit asam urat.

Sendi jadi sasaran utama penyakit asam urat. Secara alami, tubuh memproduksi asam urat sebagai hasil akhir metabolisme dan dikeluarkan melalui urin. Namun, masalah timbul saat produksi tidak normal.


Selain faktor genetik, produksi asam urat berlebih juga diakibatkan oleh konsumsi makanan tinggi purin seperti bayam, kembang kol, kacang polong, buncis, dan jamur.


Akibatnya, sendi akan terasa nyeri, bengkak, muncul kemerahan, dan rasa panas. Umumnya, gejala hanya terjadi dalam beberapa jam. Dalam tingkat yang lebih parah, gejala asam urat bisa hadir selama berminggu-minggu.

Saat gejala muncul, pergerakan tubuh jadi terbatas hingga penting untuk mencari sesuatu yang bisa meredakan rasa sakit. Daun pandan disebut mampu mengatasi rasa sakit akibat asam urat.

Mengutip Stethnews, daun pandan mengandung minyak esensial dan tanin yang bisa membantu meredakan inflamasi.

Ada dua cara pemanfaatan daun pandan untuk penyakit asam urat. Pertama, minum air rebusan daun pandan. Kedua, daun pandan sebagai obat topikal atau dioleskan.


[Gambas:Video CNN] (els/asr)