Kacamata Timbulkan Jerawat, Tak Sulit Mengatasinya

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 27/03/2019 11:17 WIB
Kacamata Timbulkan Jerawat, Tak Sulit Mengatasinya Ilustrasi kacamata (Unsplash/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Siapa sangka kacamata bisa menimbulkan masalah termasuk jerawat? Kacamata bisa memicu timbulnya masalah jerawat di lokasi-lokasi yang bersentuhan seperti hidung dan pipi.

"Bisa saja tiba-tiba jerawat muncul," ujar ahli dermatologi, Laura Ferris, mengutip Self.

Ferris mengatakan, jerawat yang muncul didorong oleh tekanan kacamata pada kulit. Selain itu, pemakaian makeup tebal dan jenis kulit berminyak semakin menambah faktor pemicu jerawat.


Ada beberapa trik yang bisa mencegah timbulnya jerawat bagi si pemakai kacamata.

1. Sesuaikan kacamata
Kacamata yang terlalu longgar membuatnya mudah turun dan memaksa pemakainya untuk terus menaikkan. Gesekan kacamata membuat kulit menebal dan berujung pada kemunculan jerawat.

Ferris menyarankan untuk selalu menyesuaikan ukuran kacamata dengan baik. "Kadang solusinya memasang bantalan baru kacamata sehingga tekanannya menyebar," imbuhnya.

2. Bersihkan kacamata secara teratur
Jangan lupa membersihkan kacamata. "Pastikan kacamata rajin dibersihkan," kata Ferris.

Dia menyarankan untuk membersihkan kacamata dengan lap yang mengandung alkohol dasar. Sapukan lap pada bagian kacamata yang bersentuhan dengan kulit.

3. Cuci muka dengan sabun antijerawat
Selain kacamata, pastikan wajah bersih dengan mencucinya secara teratur. Pilih sabun muka yang mengandung salicylic acid saat mencuci wajah pada malam hari.

Kemudian, jangan lupa gunakan krim perawatan jika jerawat sudah muncul di permukaan kulit. Gunakan krim dengan kandungan yang sama.

4. Istirahat dari kacamata
Kacamata memainkan peranan penting bagi beberapa orang yang memiliki masalah pada mata. Namun, jika memungkinkan, Ferris menyarankan Anda mengambil waktu sejenak untuk tidak mengenakan kacamata.


Pada momen istirahat ini, kulit bisa beristirahat dari tekanan bingkai kacamata. Dengan demikian, jerawat pun bisa dicegah.

5. Bersihkan makeup
Sama seperti perawatan wajah malam hari pada umumnya. Cuci wajah Anda setelah seharian menggunakan makeup.

Ferris mengatakan, makeup di bagian bawah kacamata bisa berkontribusi pada kemunculan jerawat.

[Gambas:Video CNN] (els/asr)